Biodata Eduardo Pereira, Optimis Juara jika Timor Leste Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2024
Pelaih Timnas Timor Leste U-19 Eduardo Pereira berpose pada sesi jumpa pers setelah timnya kalah telak 2-6 dari Indonesia U-19 pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)
17:12
24 Juli 2024

Biodata Eduardo Pereira, Optimis Juara jika Timor Leste Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2024

Pelatih Timnas Timor Leste U-19, Eduaro Pereira, berharap suatu saat negaranya jadi tuan rumah Piala AFF U-19 dan keluar sebagai peraih gelar juaranya.

Kiprah Timor Leste di Piala AFF U-19 terhenti di fase grup usai dipastikan gagal lolos semifinal, dengan hanya mengoleksi tiga poin.

Timor Leste sekali meraih kemenangan atas Kamboja, kemudian kalah dari Filipina dan tuan rumah Piala AFF U-19 2024, Indonesia.

Di laga melawan Indonesia, Timor Leste kalah cukup telak dengan skor akhir 2-6 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: Media Vietnam Puji Indonesia usai Bantai Timor Leste di Piala AFF U-19 2024: Kekuatan Luar Biasa

Dua gol skuad muda The Rising Sun masing-masing dicetak Ricardo Rorinho dari penalti menit ke-22 dan Alexandre Bahkito menit ke-86.

Meski kalah telak, Eduardo Pereira mengaku puas melihat tim asuhannya berhasil menyarangkan setidaknya dua gol ke gawang Indonesia.

"Timor Leste bisa bermain melawan Indonesia dan memasukkan gol," ucap Eduardo Pereira.

"Itu saja bagi saya sebagai pelatih karena kami Timor Leste, saya sudah cukup senang dengan anak-anak," imbuhnya.

Tak sampai di situ, bagi Eduardo Pereira, faktor tuan rumah sangat memberi keuntungan di turnamen seperti Piala AFF U-19.

Baca Juga: Bek Rp 3 Miliar Timnas Indonesia U-19 Produktif Cetak Gol, Bersaing di Daftar Top Skor Piala AFF U-19 2024

Ia pun berharap suatu saat Timor Leste bisa menjadi tuan rumah turnamen ini dan muncul sebagai tim yang diperhitungkan meraih gelar juara.

"Seandainya kalau kami Timor Leste sekali-kali kalau ada menjadi tuan rumah, saya yakin (bisa)," ujar Eduardo Pereira.

"Saya kira setelah ini karena Piala Asia U-20 sangat ketat, mungkin setelah pulang manajemen harus membuat laporan ke federasi supaya apa yang kami jalani bisa diperbaiki," imbuhnya.

Upaya menjadi tuan rumah dirasa cukup mustahil bagi Timor Leste, namun jika bisa menjalin kerja sama dengan negara tetangga seperti Indonesia, dirasa bisa terwujud.

"Meskipun di Timor Leste infrastruktur belum memadai, tapi bisa kerja sama dengan negara tetangga seperti Indonesia atau Australia untuk bisa terus latihan di negara lain," kata Eduardo.

Biodata Singkat Eduardo Pereira

Eduardo Pereira meruakan mantan pemain Timnas Timor Leste berposisi sebagai bek dan telah memutuskan pensiun sejak 1 Juli 2008.

Karier bermainnya tidak mentereng, hanya mencatatkan 3 caps untuk Timnas Timor Leste, usianya saat ini 52 tahun.

Meski begitu, Eduardo Pereira bisa memberi warna tersendiri terhadap performa Timnas Timor Leste U-19 di Piala AFF U-19.

Satu kemenangan di Piala AFF U-19 2024 atas Kamboja membawa skuad asuhan Eduardo Pereira sempat diperhitungkan.

Meski pada akhirnya menuai kegagalan usai kalah dalam dua laga selanjutnya di fase grup, menarik dinantikan kejutan apa yang ditunjukkan Timor Leste.

Profil Eduardo Pereira

Nama Lengkap: Eduardo Pereira
Tanggal Lahir / Umur : 2 Jauari 1972 / 52 Tahun
Tinggi: 1,79 meter
Posisi: Bek
Mantan pemain internasional: Timor Leste
Jumlah penampilan/Gol: 3/0.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #eduardo #pereira #optimis #juara #jika #timor #leste #jadi #tuan #rumah #piala #2024

KOMENTAR