Gol! Kadek Arel Tembus Gawang Kamboja, Timnas Indonesia Unggul 1-0
Kadek Arel (nomor jersey 4) berselebrasi setelah menjebol gawang Filipina di laga pembuka Piala AFF U-19 edisi 2024 (pssi.org)
21:06
20 Juli 2024

Gol! Kadek Arel Tembus Gawang Kamboja, Timnas Indonesia Unggul 1-0

Kadek Arel jebol gawang Kamboja, Timnas Indonesia Unggul 1-0.

Sebelumnya, di babak pertama, Timnas Indonesia U-19 harus puas dengan hasil imbang tanpa gol di babak pertama melawan Kamboja pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7) malam.

Serangan Garuda Muda di awal pertandingan langsung menekan pertahanan Kamboja.

Pada menit ke-10, peluang emas pertama didapat Indonesia melalui situasi bola mati dari lemparan ke dalam Mufli Hidayat. Namun, bola gagal dimanfaatkan dengan baik.

Baca Juga: Cara Indra Sjafri Beri Ruang Berkembang untuk Pemain Timnas Indonesia U-19

Mufli kembali menjadi kreator peluang di menit ke-22. Dua lemparannya menghasilkan peluang bagi Alfharezzi Buffon.

Sepakan pertama Alfharezzi masih bisa diblok, sedangkan yang kedua melenceng dari sasaran.

Kamboja bukan tanpa peluang. Pada menit ke-32, tendangan bebas mereka akibat pelanggaran Alfharezzi Buffon berhasil diamankan kiper Indonesia, Ikram Algiffari.

Tiga menit kemudian, Arlyansyah Abdulmanan mendapatkan peluang emas di dalam kotak penalti.

Sayangnya, sepakannya masih melebar dari gawang Kamboja.

Baca Juga: Lawan Kamboja, Timnas Indonesia Harus Waspadai Taktik Warisan Bintang Timnas Jepang!

Melihat aliran bola yang tidak lancar di lini tengah, pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk mengganti Figo Dennis dengan Welber Jardim pada menit ke-34.

Pemain berdarah Brasil ini langsung menghadirkan ancaman melalui sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti.

Di menit akhir babak pertama, Indonesia mendapatkan peluang emas melalui sundulan Arkhan Kaka. Namun, sundulannya masih bisa diamankan kiper Kamboja, Mat Lany.

Head to Head

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-19 baru dua kali bertemu dengan Kamboja di ajang ini. Dari dua pertemuan tersebut, seluruhnya tim Merah Putih selalu meraih kemenangan.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-19 tidak patut untuk sombong atau besar kepala jelang menghadapi Kamboja. Pasalnya, Garuda Nusantara selalu menang tipis dalam dua pertemuan itu.

Pertemuan pertama terjadi di ajang yang sebelumnya dikenal sebagai Piala AFF U-18 pada 2003. Saat itu, Timnas Indonesia menang 1-0 di fase grup.

Gol semata wayang Timnas Indonesia saat itu dicetak oleh Putut Waringin Jati. Dia mengemas gol saat laga baru berjalan dua menit.

Sementara pertemuan kedua terjadi pada Piala AFF U-19 2017 di Vietnam. Timnas Indonesia saat itu menang dengan skor 4-3.

Dalam laga tersebut, Kamboja memberi perlawanan sengit dan bahkan sempat unggul lebih dulu sebelum wajah Garuda Nusantara diselamatkan hattrick Saddil Ramdani.

Terkini, Timnas Indonesia U-19 memiliki kesempatan untuk memperbaiki rekor pertemuan. Garuda Nusantara akan berhadapan dengan Kamboja di hadapan pendukungnya sendiri malam ini.

Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri sejauh ini tampil memukau. Mereka berhasil menang 6-0 atas Filipina dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2024 pada Rabu (17/7/2024) lalu.

Para pemain Indonesia telah menjalani berbagai latihan dan analisis video untuk menghadapi Kamboja. Mereka berharap bisa menampilkan permainan terbaik dan meraih kemenangan.

"Kami sudah diberi bekal video analisis. Memang ada beberapa (pemain) yang harus kami waspadai dari Kamboja," ucap Dony Tri Pamungkas di Surabaya.

“Saya berusaha menampilkan yang terbaik pada laga melawan Kamboja. Semuanya untuk Timnas Indonesia,” ujar pemain yang kini memperkuat Persija Jakarta ini.

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-19 vs Kamboja

- Piala AFF U-18 2003 - Timnas Indonesia 1-0 Kamboja

- Piala AFF U-19 2017 - Timnas Indonesia 4-3 Kamboja

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kadek #arel #tembus #gawang #kamboja #timnas #indonesia #unggul

KOMENTAR