Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19 2024 Malam Ini, Jens Raven Starter?
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, telah resmi memangkas skuadnya menjadi 23 pemain untuk mengarungi perhelatan Piala AFF U-19 2024 (Instagram @timnas.indonesia)
15:30
17 Juli 2024

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19 2024 Malam Ini, Jens Raven Starter?

Pelatih Indra Sjafri akan memimpin Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024. Berikut prediksi Garuda Nusantara melawan Filipina dalam matchday pertama Grup A malam ini, Rabu (17/7/2024) pukul 18.30 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Indra Sjafri diperkirakan bakal menggunakan formasi tiga bek demi mengakomodir lini pertahanan yang sekaligus tetap seimbang saat menyerang.

Dalam beberapa laga sebelumnya, Indra Sjafri cenderung menggunakan formasi 3-4-2-1, yang mirip dengan yang digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Skema permainan itu turut terlihat ketika Timnas Indonesia U-20 tampil di Toulon Cup 2024. Indra banyak memanfaatkan pemain jebolan Garuda Asia yang tampil di Piala Dunia U-17 2024 dan beberapa pemain muda klub BRI Liga 1.

Baca Juga: Siapa Pau Marti Vicente? Eks Barcelona Jadi Pelatih Baru Timnas Malaysia

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19 2024 malam ini. Simak ulasannya.

Posisi Kiper Jadi Milik Ikram Al Giffari

Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti bersama penjaga gawang Timnas Indonesia Ikram Al Giffari usai laga lawan Timnas Ekuador dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti bersama penjaga gawang Timnas Indonesia Ikram Al Giffari usai laga lawan Timnas Ekuador dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Pos penjaga gawang timnas Indonesia U-19 kemungkinan akan tetap dipercayakan kepada Ikram Al Giffari.

Sejauh ini, dia konsisten menjadi pilihan utama Indra Sjafri dan tampil cukup apik meski Timnas U-20 jadi bulan-bulanan di Toulon Cup 2024 lalu.

Stok Lini Belakang Aman

Baca Juga: Siapa Tristan Gooijer? Bek Ajax Amsterdam Rp34,76 Miliar Keturunan Indonesia Bisa Diangkut Shin Tae-yong Nih

Pemain Timnas Indonesia Kadek Arel (@arelpriyatnaa_)Pemain Timnas Indonesia Kadek Arel (@arelpriyatnaa_)

Kadek Arel diharapkan menjadi pilihan utama di lini belakang berkat pengalamannya yang luas di level senior, termasuk 16 pertandingan bersama Bali United di Liga 1 2023/2024.

Sebagai pendamping, Sulthan Zaky dan Iqbal Gwijangge merupakan opsi yang kuat.

Keduanya merupakan pilar tim Indonesia di Piala Dunia U-17 2023, dengan Gwijangge memiliki kemampuan khusus dalam membangun serangan dan Zaky kuat dalam duel fisik.

Lini Tengah Andalkan Pemain Lokal

Pesepak bola Timnas Indonesia U20 Toni Firmansyah (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand U20 Puttaraburin Jannawan (kiri) pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/1/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt. Pesepak bola Timnas Indonesia U20 Toni Firmansyah (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand U20 Puttaraburin Jannawan (kiri) pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/1/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt.

Indra Sjafri memutuskan untuk tidak memasukkan Ji Da-bin dalam skuad Timnas Indonesia U-19, yang berarti peran gelandang serang mungkin akan diberikan kepada Toni Firmansyah.

Toni Firmansyah, pemain dari Persebaya, memiliki kemampuan khusus dalam menciptakan serangan dan mencetak gol. Hingga saat ini, dia telah mencetak dua gol bersama Indonesia U-20.

Sebagai pendamping bagi Toni, Figo Denis bisa menjadi pilihan dengan kemampuan bertahan yang baik.

Di sektor wingback, ada Welber Jardim dan kapten Dony Tri Pamungkas, yang kualitasnya tidak diragukan lagi.

Lini Depan Penuh Potensi

Jens Raven. [Instagram]Jens Raven. [Instagram]

Indra Sjafri akan memiliki pilihan menarik di lini depan dengan Arkhan Kaka dan Jens Raven.

Mereka dapat berperan sebagai penyerang tengah, masing-masing dengan gaya bermain dan karakter unik.

Jens Raven, berpostur tinggi 1,89 cm, kuat dalam duel udara dan efektif menyambar umpan crossing dari Dony Tri dan Jardim.

Pemain berusia 18 tahun ini merupakan pilihan utama yang potensial.

Arkhan Kaka juga bisa berperan sebagai targetman, namun dia juga aktif bergerak untuk membuka ruang bagi pemain sayap atau gelandang.

Selain itu, dia juga mahir dalam memantulkan bola.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #prediksi #susunan #pemain #timnas #indonesia #filipina #piala #2024 #malam #jens #raven #starter

KOMENTAR