Suporter Tamu Dilarang Hadir, Ini Skema Pengamanan Piala Presiden 2024 di Jalak Harupat
Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. [Antara]
17:54
15 Juli 2024

Suporter Tamu Dilarang Hadir, Ini Skema Pengamanan Piala Presiden 2024 di Jalak Harupat

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo, membeberkan persiapan pengamanan jelang Turnamen Pramusim Piala Presiden 2024 yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

Seperti diketahui, Stadion Si Jalak Harupat menjadi salah satu venue pertandingan Turnamen Pramusim Piala Presiden 2024, ada empat tim yang bertanding di Bandung atau Grup A yakni Persib, PSM Makassar, Borneo FC dan Persis Solo.

Pertandingan pembuka Turnamen Pramusim Piala Presiden 2024 akan berlangsung pada 19 Juli mendatang dan akan mempertemukan antara tuan rumah Persib Bandung vs PSM Makassar.

"Iya, kami mendapatkan informasi dari panitia bahwa pertandingan akan dilaksanakan tanggal 19, 22, dan 25. Di mana tanggal 19 itu adalah pertandingan pembuka," kata Kusworo Wibowo, Senin (15/7/2024).

Baca Juga: Datangi Mabes Polri, Erick Thohir Minta Jenderal Listyo Sigit Kawal Ketat Piala Presiden 2024

Arema FC juara Piala Presiden 2022. [Laman resmi Piala Presiden 2022]Arema FC juara Piala Presiden 2022. [Laman resmi Piala Presiden 2022]

Menurut Kusworo Wibowo, pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2024, regulasi penonton masih sama seperti pada kompetisi BRI Liga 1 2023/2024, yakni suporter tamu dilarang hadir.

"Namun peraturan untuk penonton itu, masih sama seperti yang Liga 1 kemarin. Yaitu penonton atau suporter hanya boleh ditonton di dalam stadion oleh suporter tim tuan rumah saja," ungkapnya.

"Sedangkan suporter tim tamu tetap dilarang, dan hanya biasa menonton di televisi atau tempat nobar yang telah disediakan," ungkapnya.

Pertandingan pembukaan turnamen pramusim ini, rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski demikian, pihaknya masih menunggu informasi selanjutnya terkait kehadiran orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Sementara kami masih terus menunggu informasi kepastian, kebetulan komandan Kodim juga terus memantapkan dengan pengamanan. Namun untuk informasi yang kami terima saat ini, jadwal Piala Presiden yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat," jelasnya.

Baca Juga: Breakingnews! Piala Presiden 2024 Dimulai Jumat 19 Juli 2024 Pekan Ini, Suporter Tamu Dilarang Nonton di Stadion

Media Asing Puji Setinggi Langit Stadion Si Jalak Harupat: Rumput Sempurna, Pemandangan Indah (Instagram @@pejalanmalas.id)Media Asing Puji Setinggi Langit Stadion Si Jalak Harupat: Rumput Sempurna, Pemandangan Indah (Instagram @@pejalanmalas.id)

Terkait pengamanan pertandingan Turnamen Pramusim Piala Presiden 2024, Kusworo Wibowo mengatakan sebanyak 2.000 personel akan disiapkan untuk mengamankan dan disebar ke beberapa titik.

"Kita lihat dari pada animo penonton, namun kurang lebih yang akan diterjunkan sekitar hanyalah 2 ribu personil, yaitu di tiketing, maupun di jalan raya yang menuju ke stadion si Jalak Harupat," ujarnya.

"Baik itu di ruas jalur, maupun di body checking, ring dua terdekat. Karena memang ring satu, itu ranahnya steward. Baru ring dua dan ring tiga itu ranahnya TNI Polri. Apabila ada Presiden, nantinya akan ada pengamanan khusus dari Kodim," jelasnya.

Kontributor : Rahman

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #suporter #tamu #dilarang #hadir #skema #pengamanan #piala #presiden #2024 #jalak #harupat

KOMENTAR