Siapa Orang Tua Calvin Verdonk yang Dirumorkan Terdampak Tsunami Aceh?
Pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk saat menjalani debut ketika melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, selasa (11/6/2024). (Suara.com/Alfian Winanto)
11:12
14 Juli 2024

Siapa Orang Tua Calvin Verdonk yang Dirumorkan Terdampak Tsunami Aceh?

Pemain diaspora Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, memiliki latar belakang yang unik. Orang tuanya disebut-sebut menjadi korban terdampak bencana Tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004 silam.

Nama Calvin Verdonk belakangan ini mulai melejit setelah memperlihatkan performa impresif bersama Timnas Indonesia. Dia mengukir debut istimewa ketika skuad Garuda menggasak Filipina dengan skor 2-0.

Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia pada pertandingan terakhir itu sekaligus memuluskan langkah anak asuh Shin Tae-yong untuk menembus Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk. (instagram.com/c.verdonk)Bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk. (instagram.com/c.verdonk)

Calvin Verdonk jadi salah satu pemain yang bersinar di laga ini. Latar belakang keluarganya pun sempat menjadi pembahasan netizen karena dihubungkan dengan bencana Tsunami yang melanda Aceh dua dekade yang lalu.

Baca Juga: Viral Tinggal di 'Gubuk' Reot, Striker Timnas Indonesia Fadly Alberto Akhirnya Dikasih Rumah

Sebagai informasi, pemain asal NEC Nijmegen itu tercatat lahir di Dordrecht pada 26 April 1997. Dia memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang bernama Ronald Alting SIberg yang lahir di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Ayahnya yang menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI) itu tercatat lahir pada 6 Februari 1958. Sementara itu, ibu Calvin Verdonk, yakni Tamara, lahir di Dordrecht, Belanda, pada 18 September 1975.

Netizen TikTok sempat memunculkan kabar yang tidak benar bahwa keputusan Calvin Verdonk menjadi WNI dilatarbelakangi oleh keinginannya mencari sang ayah yang hilang karena bencana Tsunami Aceh 2004.

Bencana itu disebut-sebut membuat Calvin Verdonk kehilangan kontak dengan sang ayah. Akan tetapi, informasi ini sama sekali tak terkonfirmasi. Sehingga, tak sedikit yang meragukan kebenaran kabar tersebut.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa ayah Calvin Verdonk yang hilang karena Tsunami Aceh 2004 itu sengaja disebarkan netizen TikTok yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan sensasi semata.

Baca Juga: Gaji Nyaris Rp7 Miliar, Alexandre Pato Kalah Harga dari Pemain Timnas Indonesia Ini Jika Gabung ke Persib Bandung

Melansir dari postingan akun X @FT_IDN, ayah Calvin Verdonk masih hidup. Informasi bahwa pemain berusia 27 tahun berusaha mencari sosok ayahnya itu tidak benar. 

"Riset kami ayah Calvin masih ada, walaupun Calvin sejak kecil tinggal dengan ibunya. Mungkin bisa disebarkan. Karena ada batasan tidak mungkin kami menjelaskan rinci privasi pemain apalagi tanpa izin," cuit akun tersebut. 

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #orang #calvin #verdonk #yang #dirumorkan #terdampak #tsunami #aceh

KOMENTAR