Media Korea Selatan Sorot Target Berat Shin Tae-yong Setelah Diperpanjang Timnas Indonesia
Shin Tae-yong serius mengamati anak asuhnya dalam sebuah ajang (pssi.org)
10:24
14 Juli 2024

Media Korea Selatan Sorot Target Berat Shin Tae-yong Setelah Diperpanjang Timnas Indonesia

Shin Tae-yong resmi memperpanjang kontraknya dengan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia selama tiga tahun ke depan. Perpanjangan kontrak ini menjadi sorotan media Korea Selatan, yang menilai PSSI realistis dalam menetapkan target.

Media Korea Selatan menilai target PSSI untuk membawa Timnas Indonesia masuk 100 besar peringkat FIFA dalam kurun waktu empat tahun terbilang realistis.

Hal ini dikarenakan Timnas Indonesia tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China.

Baca Juga: Sah Jadi Pengangguran, Catatan Performa Cyrus Margono Selama Bersama Panathinaikos, Klub Liga 1 Mau Tampung?

Sports Khan, salah satu media Korea Selatan, menilai PSSI tidak yakin Shin Tae-yong mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

Menurut Sports Khan, PSSI lebih fokus pada peningkatan peringkat FIFA Timnas Indonesia sebagai tolok ukur keberhasilan Shin Tae-yong.

"Apa syarat perpanjangan kontrak pelatih PSSI ke Shin Tae-yong? Bukan tiket ke Piala Dunia, tapi masuk ke peringkat 100 FIFA. Mereka (PSSI) meminta untuk masuk 100 besar peringkat FIFA. PSSI meyakini bahwa secara realistis mustahil untuk berpartisipasi di Piala Dunia," tulis Sports Khan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [AFP]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [AFP]

Meskipun targetnya bukan Piala Dunia 2026, publik Indonesia tetap berharap Shin Tae-yong mampu membawa Timnas Indonesia melaju ke putaran final atau setidaknya mengamankan satu tempat di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelumnya, Anggota EXCO PSSI Arya Sinulingga membongkar isi kontrak Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam kontrak itu, Shin Tae-yong ditargetkan beberapa hal, apakah termasuk Piala Dunia 2026?

Baca Juga: Park Hang-seo Merapat ke Kamboja, Sejauh Mana Ancamannya terhadap Timnas Indonesia?

Ternyata tidak. Namun Arya mempunyai alasan Piala Dunia 2026 tidak masuk ke dalam kontrak target Shin Tae-yong.

"Kalau ini ya kita pasti berharap masuk lah ya, apakah target berpengaruh, ya tidak kan itu tdk ada dalam kontrak," kata Arya Sinulingga saat diwawancara awak media, Selasa kemarin.

Sebelum Masuk Ruang Operasi, Shin Tae-yong Ungkit Soal Peluang Latih Korsel [Instagram @shintaeyong7777]Sebelum Masuk Ruang Operasi, Shin Tae-yong Ungkit Soal Peluang Latih Korsel [Instagram @shintaeyong7777]

Meski tak ada target, Arya Sinulingga menekankan Timnas Indonesia harus tetap mati-matian di ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dimulai September nanti.

"Jadi ya, udah tau ini berat banget grup, tapi kita nothing to lose kan. Kita realistis tapi berjuang habis-habisan," jelas Arya Sinulingga.

PSSI telah bersiap dengan berbagai persiapan, termasuk pemanggilan pemain dan fasilitas hotel, sesuai dengan roadmap dan jadwal yang akan dirilis oleh Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Hadapi Tantangan Berat di Grup C

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Dua pertandingan awal akan dilakoni Timnas Indonesia pada pertengahan September 2024.

Pertama, mereka akan bertandang ke Arab Saudi pada 5 September 2024, dan kemudian menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 10 September 2024.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #media #korea #selatan #sorot #target #berat #shin #yong #setelah #diperpanjang #timnas #indonesia

KOMENTAR