Momen Sir Alex Ferguson Terkejut saat Tahu Eks Andalan Shin Tae-yong Ini Orang Indonesia: Wow Menarik!
Selebrasi Jack Brown usai menjebol gawang Makedonia Utara, Minggu (11/10/2020). (Dok. PSSI).
10:48
9 Juli 2024

Momen Sir Alex Ferguson Terkejut saat Tahu Eks Andalan Shin Tae-yong Ini Orang Indonesia: Wow Menarik!

Mantan pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, ternyata pernah membuat eks pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, terkejut, saat mengetahui dirinya berasal dari Indonesia.

Momen itu terjadi ketika Jack Brown masih berusia muda. Saat itu, dia menjadi yang terbaik di ajang The World Final Skill Test 2012 Manchester United Soccer School, pada Minggu (21/10/2012).

Ibunda Jack Brown, Indah Brown, merasa bangga anaknya bisa menjadi yang terbaik di akademi milik Manchester United itu. Capaian itu jelas menjadi prestasi yang mentereng bagi pemain berusia muda.

Selain status tersebut, Indah Brown juga merasa jauh lebih bangga tatkala Jack Brown menyebut dirinya berasal dari Indonesia. Hal itu disampaikan Jack Brown di hadapan banyak orang yang hadir di acara tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Timnas Indonesia yang Pensiun Dini, Mirip Thiago Alcantara

“I am Indonesian (saya orang Indonesia),” kata Jack Brown yang disambut dengan tepuk tangan meriah penonton yang hadir menyaksikan agenda tersebut.

Tak hanya membuat takjub penonton yang hadir, Jack Brown juga mendapatkan apresiasi tersendiri dari pelatih Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson, yang ikut hadir dalam acara tersebut.

"Are you Indonesian? Wow, that's interesting (apakah kamu orang Indonesia? Wow, itu sangat menarik),” kata Sir Alex ketika bersalaman dengan Jack Brown.

Sebagai informasi, The World Final Skill Test 2012 Manchester United Soccer School itu diikuti sekitar 30 anak berusia di antara 10 hingga 16 tahun dari 25 negara. Mereka yang berpartisipasi merupakan anggota tim nasional dari kelompok U-14 hingga U-16 dari berbagai negara.

Jack Brown memang pernah menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Ketika itu, dia turut dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan jangka panjang di Kroasia. 

Baca Juga: Dilema Taise Marukawa, Dukung Jepang Tapi Mau Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Penampilan pertama pemain kelahiran Jakarta itu tersaji saat menghadapi Bosnia-Herzegovina U-19 pada pertandingan uji coba yang berlangsung pada 25 September 2020. Kiprahnya tak hanya berhenti di situ saja.

Jack Brown pernah mencetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-19 saat menumbangkan Makedonia Utara U-19 dengan skor 4-1 pada agenda TC jangka panjang yang berlangsung di Kroasia tersebut.

Saat itu, TC jangka panjang ini merupakan bagian dari persiapan anak asuh Shin Tae-yong menghadapi Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung di Indonesia. Sayangnya, kejuaraan itu diundur karena pandemi Covid-19.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #momen #alex #ferguson #terkejut #saat #tahu #andalan #shin #yong #orang #indonesia #menarik

KOMENTAR