Resmi Jadi Rekan Setim Lionel Messi, Maarten Paes Malah Dapat Kabar Buruk
Maarten Paes (Instagram/MaartenPaes)
14:36
4 Juli 2024

Resmi Jadi Rekan Setim Lionel Messi, Maarten Paes Malah Dapat Kabar Buruk

Kiper Indonesia, Maarten Paes, resmi menjadi rekan satu tim Lionel Messi di skuad MLS All-Star 2024. Namun, kabar buruk langsung menghampirinya tak lama dari pengumuman itu.

Paes menjadi salah satu kiper yang masuk skuad MLS All-Star 2024 lewat jalur voting dari fans dan para pemain. Dia akan jad rekan setim Messi pada 24 Juni mendatang.

Namun, di tengah kabar menggembirakan yang turut bikin bangga klubnya yakni FC Dallas, Maarten Paes mendapat kabar buruk.

Pengamat sepakbola nasional, Ronny Pangemanan, menyebut Maarten Paes belum bisa tampil saat Timnas Indonesia memainkan laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September mendatang.

Baca Juga: Nova Arianto Segera Temui Shin Tae-yong Bicarakan Nasibnya Sebagai Asisten Pelatih Timnas Indonesia

Hal itu terjadi karena sidang perihal perubahan asosiasi Maarten Paes dari KNVB (Belanda) ke PSSI, disebut baru akan digelar oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada Oktober 2024.

“Maarten Paes belum bisa [main di bulan September]. Jadi jelas teman-teman, ini informasi langsung dari pak Ketua Umum (Erick Thohir), bukan dibuat-buat,” kata Ronny, dikutip dari kanal YouTube, Bung Ropan.

Calon kiper naturalisasi Indonesia Maarten Paes (kanan) saat memperkuat klubnya FC Dallas ketika melawan klub Lionel Messi (kiri) Inter Miami. (ANTARA/Instagram Maarten Paes)Calon kiper naturalisasi Indonesia Maarten Paes (kanan) saat memperkuat klubnya FC Dallas ketika melawan klub Lionel Messi (kiri) Inter Miami. (ANTARA/Instagram Maarten Paes)

Maarten Paes sejatinya menyelesaikan proses naturalisasi pada April lalu, tepatnya tanggal 30 selepas menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Kiper 25 tahun ini belum bisa memperkuat Timnas Indonesia karena proses perubahan asosiasi dari KNVB ke PSSI terganjal aturan FIFA.

Dalam artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi, disebutkan seorang pesepak bola bisa berganti tim nasional jika berusia di bawah 21 tahun saat kali terakhir membela negara pertamanya baik di level junior maupun senior dalam pertandingan resmi.

Baca Juga: 2 Pemain Keturunan yang Dikabarkan Siap Bela Timnas Indonesia, Termasuk Ponakan Jairo Riedewald

Selain itu, sang pemain juga tidak memiliki caps lebih dari tiga kali di tim nasional pertamanya dan wajib tidak tampil membela tim nasional pertamanya di kompetisi level "A" dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Paes diketahui pernah membela Belanda U-21 di Kualifikasi EURO U-21 2021 saat usianya sudah 22 tahun. Hal ini membuatnya tidak memenuhi syarat FIFA dan debutnya di Timnas Indonesia harus ditunda.

Paes diketahui pernah membela Belanda U-21 di Kualifikasi EURO U-21 2021 saat usianya sudah 22 tahun. Hal ini membuatnya tidak memenuhi syarat FIFA dan debutnya di Timnas Indonesia harus ditunda.

Meskipun mengalami penundaan debut, Paes tetap menunjukkan optimismenya. Dia terus berlatih keras bersama FC Dallas dan berharap bisa segera membela Timnas Indonesia di masa depan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #resmi #jadi #rekan #setim #lionel #messi #maarten #paes #malah #dapat #kabar #buruk

KOMENTAR