Mengenal 2 Aturan Baru Liga 1 Musim Depan, Pemain Muda Diuntungkan
Logo BRI Liga 1. [BRI Liga 1]
20:12
28 Juni 2024

Mengenal 2 Aturan Baru Liga 1 Musim Depan, Pemain Muda Diuntungkan

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengumumkan sejumlah aturan baru untuk musim Liga 1 2024/2025. Salah satunya adalah perubahan batas usia menurunkan pemain muda dari U-23 menjadi U-22.

Mulai musim depan, setiap klub Liga 1 diwajibkan untuk memasang minimal satu pemain U-22 sebagai starter, dengan minimal waktu bermain selama 45 menit.

Aturan ini diimplementasikan untuk mendukung persiapan Timnas Indonesia U-22 menghadapi SEA Games 2025 di Thailand.

"Setiap klub harus menuruti ketentuan ini dengan memainkan setidaknya satu pemain U-22, atau yang lahir pada atau setelah 1 Januari 2003," ungkap Direktur Utama (Dirut) LIB, Ferry Paulus.

Baca Juga: Dewa United Resmi Rekrut Taisei Marukawa

"Durasi bermain minimal 45 menit akan diterapkan. Musim sebelumnya, batas usia penggunaan pemain muda adalah U-23," tambahnya.

Pertarungan antara Timnas Indonesia U-22 melawan Timnas Thailand (pssi.org)Pertarungan antara Timnas Indonesia U-22 melawan Timnas Thailand (pssi.org)

LIB telah memperkenalkan beberapa peraturan baru untuk Liga 1 musim mendatang, termasuk pembatasan jumlah pengeluaran untuk kontrak pemain.

Setiap klub diberi batas maksimal Rp50 miliar untuk mengontrak seluruh pemain dalam satu musim.

"Ini bukan salary cap, melainkan batasan pengeluaran untuk pemain. Dalam regulasi yang telah kami tetapkan, Liga Indonesia mengadaptasi salary cap menjadi kontrol keuangan," jelas Ferry Paulus.

"LIB juga telah membentuk badan pengendalian keuangan untuk memastikan bahwa aspek keuangan dapat dipantau dengan baik," tambahnya.

Baca Juga: Maksimal Rp50 Miliar, Klub Liga 1 Kini Tak Bisa Jor-joran Belanja Pemain

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #mengenal #aturan #baru #liga #musim #depan #pemain #muda #diuntungkan

KOMENTAR