Bantai Laos 6-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2024
Duel Timnas Indonesia U-16 vs Laos U-16 dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024). [Dok. Timnas Indonesia]
00:00
28 Juni 2024

Bantai Laos 6-1, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16 2024

Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2024 setelah mengalahkan Laos dalam laga pamungkas Grup A di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke babak selanjutnya sebagai pemuncak klasemen Grup A. Tim Garuda Asia berhasil sapu bersih tiga kemenangan melawan Singapura, Filipina, dan Laos.

Jalannya pertandingan

Jalannya babak pertama sudah sengit sejak awal. Laos cukup memberikan tekanan, begitu juga Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia Kontra Bahrain dan China, 2 Lawan Paling Realistis di Grup C Kualifikasi Piala Dunia

Pemain Laos, Phayak Siphanom berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-16 lewat titik putih pada menit ketujuh. Dia dengan tenang melepaskan tembakkan ke pojok kanan gawang yang mampu menaklukan kiper Muhammad Nur Ichsan.

Tertinggal 0-1 membuat Timnas Indonesia U-16 tampil lebih agresif. Mereka sadar posisinya terancam gugur jika kalah melawan Laos.

Ada beberapa peluang yang didapat Timnas Indonesia U-16 sampai dengan menit ke-15. Namun, solidnya pertahanan lawan bikin tim asuhan Nova Arianto kesulitan mencetak gol penyama kedudukan.

Pada menit ke-22 Timnas Indonesia U-16 dihadiahi penalti oleh wasit setelah Muhammad Zahaby alias Gholy dijatuhkan di kotak terlarang. Maju sebagai eksekutor, Gholy berhasil membawa Garuda menyamakan kedudukan 1-1.

Pemain Timnas Indonesia U-16, Josh Holong (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Laos U-16 dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024). [Dok. Timnas Indonesia]Pemain Timnas Indonesia U-16, Josh Holong (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Laos U-16 dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024). [Dok. Timnas Indonesia]

Timnas Indonesia U-16 semakin termotivasi setelah membuka skor. Hingga pada akhirnya tim Merah Putih berhasil membalikkan keadaan pada menit ke-30.

Baca Juga: Masuk Grup Neraka, Bagaimana Peluang Indonesia Lolos dari Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Berawal dari tendangan penjuru Fabio Azkairawan, kapten laos Sayyavath Vansavath menyundul bola ke dalam gawangnya sendiri.

Timnas Indonesia U-16 tanpa henti terus menggempur pertahanan Laos. Lawan dibuat ketar-ketir oleh gempuran tim Merah Putih.

Hingga pada akhirnya Timnas Indonesia U-16 unggul 3-1 pada menit ke-37. Josh Holong kali ini yang mencatatkan namanya di papan skor usai tandukkan ke belakangnya tak bisa dibendung kiper Laos.

Jelang babak pertama selesai, Timnas Indonesia U-16 menambah keunggulan menjadi 4-1. Umpan Fabio mampu disundul ke dalam gawang oleh kapten Garuda Putu Panji.

Tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit turun minum. Timnas Indonesia U-16 sementara unggul 4-1 di babak pertama.

Timnas Indonesia U-16 sama sekali tidak mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka langsung menggempur sejak dimulainya laga.

Hingga pada akhirnya Timnas Indonesia U-16 bisa mencetak gol untuk unggul 5-1 pada menit 62. Josh Holong kembali mencetak gol usai tembakan memutarnya mengalir deras ke gawang Laos.

Timnas Indonesia U-16 agak mengendurkan serangan saat memasuki menit ke-70. Hal ini membuat Laos sedikit mendapat celah buat menyerang.

Berawal dari serangan balik, Mierza lolos dari kawalan berhasil mengubah kedudukan menjadi 6-1 pada menit ke-80. Pemain muda Bhayangkara FC itu dengan tenang membobol gawang Laos.

Setelah berbagai usaha tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Timnas Indonesia U-16 menang telak atas Laos, 6-1.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-16: Mohd Nur Ichsan; Dafa Zaidan, Putu Panji, Raihan Apriansyah; Fabio Azkairawan, Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Afrido, Mathew Ryan; Muhammad Zahaby, Josh Holong.

Pelatih: Nova Arianto.

Laos: Thitsakhone Sumlivongvath; Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Daophahad Kamkasomphou, Phayak Siphanom, Binly Donsanouphit, Sayyavath Vansavath, Xayyasith Chitpasong, Phoutthasak Sihakhot; Sikanda Xaisongkham, Ki Mounkanyah.

Pelatih: Kanlaya Sysomvang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bantai #laos #timnas #indonesia #lolos #semifinal #piala #2024

KOMENTAR