Spanyol vs Italia: De la Fuente Ogah Terjebak Pujian Tinggi Spalletti
Luis de La Fuente (AFP)
18:12
20 Juni 2024

Spanyol vs Italia: De la Fuente Ogah Terjebak Pujian Tinggi Spalletti

Pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente, menegaskan tak akan terjebak oleh muslihat pelatih Italia, Luciano Spalletti yang menyanjung tinggi tim Matador jelang matchday kedua Grup B Euro 2024.

Spanyol akan menghadapi Italia di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman. Pertandingan akan kick-off pada Jumat (21/6/2024) pukul 02.00 WIB.

Spalletti memberikan pujian selangit kepada Spanyol jelang laga ini. Eks pelatih Napoli itu menyebut La Furia Roja memiliki gaya bermain yang indah dan diperkuat para pemain berkualitas tinggi.

Merespons pernyataan Spalletti, De La Fuente menegaskan bahwa Spanyol tak akan fokus pada pujian-pujian dari Spalletti. Dia menegaskan 100 persen percaya dengan kemampuan timnya.

Baca Juga: Euro 2024: Italia Tebar Ancaman Bakal Habis-habisan Gempur Spanyol, Luciano Spalletti Gemetar Hadapi Tim Terbaik Dunia

"Spalletti adalah pelatih yang hebat, namun pujian tidak akan melemahkan kami," kata De La Fuente dikutip dari ESPN, Kamis (20/6/2024).

"Saya selalu menghargai para pemain kami dan tahu bahwa mereka tidak akan mengecewakan kami."

Gelandang Spanyol Pedri merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Spanyol dan Irlandia Utara di stadion Son Moix di Palma de Mallorca pada 8 Juni 2024.JAIME REINA / AFPGelandang Spanyol Pedri merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Spanyol dan Irlandia Utara di stadion Son Moix di Palma de Mallorca pada 8 Juni 2024.JAIME REINA / AFP

Salah satu poin pembicaraan dari kemenangan 3-0 Spanyol atas Kroasia dalam matchday pertama Grup B adalah fakta bahwa mereka kalah dalam aspek penguasaan bola.

Bahkan, ini merupakan kali pertama di pertandingan kompetitif sejak final Euro 2008 Spanyol tak memenangi penguasaan bola dalam 136 pertandingan.

Hal itu mengindikasikan bahwa Spanyol asuhan De La Fuente telah meninggalkan filosofi tiki-taka yang fokus dalam penguasaan bola. Kini, Tim Matador bermain lebih direct lewat serangan balik mematikan.

Baca Juga: Ditolak Pemain Keturunan Rp521 Miliar, Media Vietnam Ungkit Luka Lama Timnas Indonesia

De La Fuente menegaskan laga kontra Italia adalah pertandingan yang besar. Dia bahkan tak ragu menganggap pertemuan nanti layaknya final Piala Dunia.

“Pertandingan besok bisa menjadi final Euro atau Piala Dunia,” kata Luis de la Fuente.

“Ini adalah pertandingan klasik antara dua tim nasional yang diciptakan untuk bersaing di level ini," tegasnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #spanyol #italia #fuente #ogah #terjebak #pujian #tinggi #spalletti

KOMENTAR