Sama-sama Diinginkan PSSI, Ini Alasan Kenapa Kevin Diks Butuh Segera Dinaturalisasi Dulu Ketimbang Mees Hilgers
Mees Hilgers dan Kevin Diks. (Kolase Instagram @meeshilgers dan @kevindiks2)
19:18
17 Juni 2024

Sama-sama Diinginkan PSSI, Ini Alasan Kenapa Kevin Diks Butuh Segera Dinaturalisasi Dulu Ketimbang Mees Hilgers

Keberhasilan Timnas Indonesia memasuki putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kembali memunculkan sejumlah nama pemain keturunan yang masuk Grade A.

Beberapa nama pemain keturunan yang kembali mengemuka yakni Mees Hilgers dan Kevin Diks.

Menariknya dua pemain ini sebelumnya juga santer dikaitkan dengan skuat Garuda namun urung terwujud lantaran kedua pemain yang juga memiliki sebagian darah Belanda itu menolak.

Tolak Timnas Indonesia

Baca Juga: Kevin Diks Ikut Merespons Kemenangan Timnas Indonesia Lawan Vietnam, Tanda Segera Gabung?

Mees Hilgers yang saat ini berseragam FC Twente menolak gabung dengan Timnas Indonesia karena masih berharap ada peluang berseragam skuat Belanda.

Hal itu diungkapkan pemain keturunan Sulawesi Utara tersebut saat sesi wawancara dengan media Belanda RTV Oost akhir tahun 2023 lalu.

Meski begitu, pemain yang pernah memperkuat Timnas Belanda U-21 tersebut tak menutup kemungkinan untuk membela tanah kelahiran ibunya di masa depan.

"Saya sudah kontak dengan mereka tapi kalau saya terbuka saya kira bisa diatur dengan cukup cepat. Tapi untuk sekarang agak terlalu dini menentukan pilihan Indonesia, tapi ya semuanya bisa saja terjadi dengan cepat, dalam sepak bola kita tidak akan tahu," terangnya.

Sama halnya dengan Kevin Diks, pemain yang kini memperkuat FC Copenhagen tersebut juga pernah menolak untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Kevin Diks Pamer Momen Liburan di Indonesia, Sekalian Urus Naturalisasi?

Beredar kabar, alasan eks penggawa Fiorentina itu karena tak ada restu dari orangtua.

Tapi belakangan diketahui bahwa ada alasan lain yang membuatnya masih berat untuk berseragam Timnas Indonesia, yakni masih berharap peluang masuk ke skuat de Oranje atau yang sekarang populer dijuluki sebagai timnas pusat.

Terkini, baik Mees Hilgers maupun Kevin Diks kembali santer disebut tengah bersiap untuk bergabung dengan Timnas Indonesia setelah mereka tak masuk dalam skuat Timnas Belanda untuk Euro 2024.

Butuh Kevin Diks

Meski begitu, siapakah yang sebetulnya paling urgent untuk dinaturalisasi PSSI bila melihat kebutuhan tim saat ini?

Menukil dari data yang dibagikan melalui transfermarkt yang membandingkan kedua pemain, dari sisi statistik, Kevin Diks lebih unggul pengalaman dibanding Mees Hilgers.

Terbaru, pemain berusia 27 tahun tersebut berhasil mengantarkan timnya FC Copenhagen tembus ke babak 16 besar Liga Champions 2023-2024.

Tak hanya itu, berkat penampilannya yang impresif, Kevin Diks sempat didapuk sebagai pemain terbaik kala Copenhagen menumbangkan Galatasaray di laga matchday keenam Grup A Liga Champions 2023-2024 pada Desember 2023 lalu.

Sementara itu untuk Mees Hilgers, prestasi terbaiknya terakhir adalah turut mengantarkan FC Twente berkiprah di Kualifikasi Liga Konferensi Eropa 2023-2024.

Selain pengalaman di kancah internasional, keunggulan Kevin Diks adalah pemain yang satu ini termasuk versatile.

Meski punya pakem sebagai bek tengah, tetapi Kevin Diks bisa juga mampu beroperasi sebagai bek kanan maupun bek kiri. Ini tentu satu nilai plus mengingat Shin Tae-yong jamak diketahui suka dengan pemain yang bisa bermain di beberapa posisi.

Sementara itu, Mees Hilgers diketahui punya kekuatan yang lebih kuat sebagai bek tengah.

Dari sisi pencapaian, Kevin Diks tercatat kevin pernah mempersembahkan timnya meraih trofi di berbagai ajang mulai dari piala Denmark hingga Piala Super Belanda.

Disamping itu, Kevin Diks juga terlihat lebih aktif memberi kode terkait perkembangan Timnas Indonesia, mulai dari memberi komentar saat skuat Garuda memenangi laga kontra Vietnam hingga pamer saat liburan di Indonesia.

Melihat pertimbangan tersebut tampaknya langkah yang diambil PSSI bisa jadi sudah tepat bila melihat bocoran yang dibagikan Bung Ropan soal Kevin Diks yang menjadi salah satu pemain yang bakal dinaturalisasi menjelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kehadiran Kevin Diks yang berlabel grade A bisa menjaga kedalaman skuat Timnas Indonesia  terutama di sisi kanan yang saat ini dihuni Asnawi Mangkualam hingga Sandy Walsh. Pengalamannya tentu sangat dibutuhkan untuk menghadapi lawan yang akan dihadapi di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang levelnya lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Siap Dinaturalisasi

Sementara itu melalui channel YouTubenya, pengamat sepak bola bernama lengkap Ronny Pangemanan itu mengaku sudah berbincang dengan Erick Thohir. Ia membeberkan bahwa akan ada dua pemain keturunan yang bakal segera dinaturalisasi pada pertengahan tahun ini.

Salah satu yang muncul adalah nama Kevin Diks, yang disebut telah mendapat restu dari orangtuanya untuk membela Timnas Indonesia.

Erick Thohir sendiri meski tak secara eksplisit, menyampaikan bahwa PSSI saat ini tengah mengusahakan proses naturalisasi terhadap Kevin Diks.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #sama #sama #diinginkan #pssi #alasan #kenapa #kevin #diks #butuh #segera #dinaturalisasi #dulu #ketimbang #mees #hilgers

KOMENTAR