3 Tanda Pemain Keturunan Rp69 Miliar Segera Gabung Timnas Indonesia, Ada Peran Marc Klok
Bek FC Copenhagen, Kevin Diks (kiri) dan Denis Vavro (kanan) memblokir upaya striker Manchester United, Rasmus Hojlund (tengah) untuk menyundul bola selama matchday ketiga Grup A Liga Champions 2023-2024 antara Manchester United vs Copenhagen di Old Trafford, di Manchester, Inggris barat laut, pada 24 Oktober 2023. Paul ELLIS / AFP.
11:42
17 Juni 2024

3 Tanda Pemain Keturunan Rp69 Miliar Segera Gabung Timnas Indonesia, Ada Peran Marc Klok

Pemain keturunan Indonesia, milik FC Copenhagen, Kevin Diks dirumorkan menjadi salah satu pemain yang bersedia dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia.

Kevin, yang merupakan pemain berposisi bek, punya darah Indonesia dari ibunya, Natasja Diks-Bakarbessy yang merupakan perempuan asal Maluku.

Pemain berusia 27 tahun itu tercatat belum pernah dipanggil ke timnas Belanda level senior. Dia hanya bermain di kelompok umur dari U-19, U-20 dan U-21.

Meski tampil memukau bersama FC Copenhagen di Liga Champions di mana dia membantu timnya mengalahkan Manchester United 4-3 pada akhir tahun lalu, namanya tidak masuk dalam skuad Belanda di Euro 2024.

Baca Juga: Masalah Timnas Indonesia juga Dialami oleh 'Timnas Pusat' di Euro 2024

Situasi itu membuat Kevin Diks masih memenuhi syarat untuk berseragam Timnas Indonesia. Masalahnya, belum ada kepastian apakah sang pemain siap untuk dinaturalisasi.

Meski begitu, terdapat tiga tanda yang membuat rumor Kevin Diks akan segera membela Timnas Indonesia bisa menjadi kenyataan. Berikut ulasannya.

1. Peran Marc Klok

Pesepak bola Persib Bandung Marc Klok berselebrasi usai mengalahkan Bali United saat pertandingan semifinal Championship Series-BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2024). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.Pesepak bola Persib Bandung Marc Klok berselebrasi usai mengalahkan Bali United saat pertandingan semifinal Championship Series-BRI Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2024). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.

Marc Klok, gelandang Persib Bandung yang juga berdarah Belanda, mengungkap bahwa Kevin Diks pernah berdiskusi dengannya tentang proses naturalisasi menjadi WNI. Klok pun siap membantu Diks dalam proses tersebut.

"Kevin banyak bertanya pada saya tentang bagaimana saya mengambil proses naturalisasi," kata Marc Klok beberapa tahun lalu dikutip dari Goal, Senin (17/6/2024).

Baca Juga: Namanya Menggema di Stadion GBK usai Timnas Indonesia Lolos Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Perasaan STY

"Dia mau saya membantu, saya bisa beri banyak informasi tentang proses naturalisasi dan sepakbola Indonesia."

2. Kode FC Copenhagen

Bek FC Copenhagen, Kevin Diks tampil di Liga Champions 2023/2024. [Jonathan NACKSTRAND / AFP]Bek FC Copenhagen, Kevin Diks tampil di Liga Champions 2023/2024. [Jonathan NACKSTRAND / AFP]

FC Copenhagen, klub Kevin Diks, memberikan kode melalui media sosial mereka yang mengindikasikan bahwa sang pemain akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

Kode tersebut berupa bendera Belanda, ikon "loading", dan bendera Indonesia.

3. Niat PSSI

Kevin Diks Saat Berseragam FC Copenhagen (instagram.com/kevindiks2)Kevin Diks Saat Berseragam FC Copenhagen (instagram.com/kevindiks2)

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan atau Bung Ropan, menyatakan bahwa PSSI tengah berusaha untuk menaturalisasi Kevin Diks.

Hal ini dilakukan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia dalam menghadapi putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Saya bilang, bagaimana dengan Kevin Diks. Pak Ketum [Erick Thohir] bilang dia mauk dalam radar dan sedang diusahakan," kata Bung Ropan dikutip dari kanal YouTubenya.

"Karena keluarganya sudah membuka diri dan tidak dipanggil dari timnas Belanda. Pak Erick sedang berusaha untuk melakukan lobi ini," tambahnya.

Tiga tanda di atas semakin menguatkan rumor Kevin Diks yang akan segera membela Timnas Indonesia.

Kemampuan dan pengalaman Diks di level Eropa diharapkan dapat menjadi aset berharga bagi Timnas Indonesia dalam meraih prestasi di kancah internasional.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #tanda #pemain #keturunan #rp69 #miliar #segera #gabung #timnas #indonesia #peran #marc #klok

KOMENTAR