4 Negara Korban 'Kecurangan' Qatar, Ada Mangsa Baru setelah Timnas Indonesia
Marselino dikepung para pemain Qatar (pssi.org)
16:42
14 Juni 2024

4 Negara Korban 'Kecurangan' Qatar, Ada Mangsa Baru setelah Timnas Indonesia

Performa Timnas Qatar kembali jadi sorotan, tim yang dinilai selalu mendapat bantuan wasit ketika melakoni pertandingan hingga menimbulkan banyak korban.

Memang belum bisa dibuktikan apakah Federasi Sepak Bola Qatar (QFA) telah menyogok wasit atau tidak, meski banyak indikasi yang mengarah ke sana.

Beberapa tim menjadi korban 'keganasan' Timnas Qatar saat bertanding, bukan karena kualitasnya tapi karena kekuatan dalam hal lain yang berpengaruh ke perangkat pertandingan.

Mulai dari Piala Asia 2023 lalu hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026, sejumlah negara dipaksa menelan pil pahit karena keputusan aneh wasit.

Baca Juga: 'Magic' Shin Tae-yong Sukses Ubah Timnas Indonesia, Saatnya Naik Kelas!

Yang cenderung memberi keuntungan Qatar, bahkan sampai memberikan kemenangan, lantas tim mana saja yang pernah jadi korbannya? berikut di antaranya.

1. Iran

Iran muncul sebagai kandidat juara Piala Asia 2023 usai mengalahka Jepang di perempat final, namun langkah mereka terhenti di semifinal.

Gara-garanya gol kontroversial Qatar di babak semifinal, Almoez Ali sukses mencetak gol ketiga Qatar dalam laga yang berakhir dengan skor 3-2.

Namun gol tersebut berbau kontroversi setelah dilihat dalam tayangan ulang posisi Almoez Ali sudah offside, sayangnya wasit tak melakukan cek VAR.

Baca Juga: Penampilan Anang-Ashanty Tak Masalah, Cristian Gonzales Masih Bisa Nikmati Kemenangan Timnas Indonesia

2. Yordania

Yordania benar-benar menelan pil pahit di final Piala Asia 2023, terbobol tiga gol yang semua tercipta lewat eksekusi penalti Akram Afif.

Salah satu penalti diberikan di masa injury time babak kedua, padahal sebelumnya Ma Ning selaku wasit asal China yang memimpin laga memutuskan adanya offside.

3. India

India menjadi korban teranyar Qatar, tepatnya dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang dipimpin wasit Kim Woo-sung.

Momen 'haram' yang dimanfaatkan Qatar ini muncul di menit ke-73, di mana bola yang sudah keluar dari lapangan dimasukkan kembali oleh pemain Qatar.

Hal itu tidak terlihat hakim garis, karena berlangsung di samping tiang gawang India hingga berbuah gol penyama kedudukan oleh Qatar.

Qatar pun mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 sekaligus memastikan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

4. Indonesia

Tak cuma tim senior, tim junior Qatar pun juga mendapat keistimewaan dari perangkat pertandingan yakni wasit ketika berlaga.

Hal ini terjadi di Piala Asia U-23 2024, di laga melawan Timnas Indonesia U-23 di matchday pertama fase grup yang dipimpin wasit Nasrullo Kabirov.

Dimulai dari penalti kontroversi yang diberikan untuk Qatar, usai menganggap Rizky Ridho melakukan pelanggaran di kotak penalti Indonesia.

Keputusan itu diambil setelah sebelumnya wasit menganggap pemain Qatar terjebak offside, namun keputusan itu dianulir dan diganti dengan penalti.

Hal kontroversial kedua adalah pemberian kartu merah Ivar Jenner yang dianggap melakukan pelanggaran dengan menginjak kaki pemain Qatar.

Padahal dalam tayangan ulang, kaki Ivar Jenner sama sekali tidak menyentuh bagian tubuh pemain Qatar.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #korban #kecurangan #qatar #mangsa #baru #setelah #timnas #indonesia

KOMENTAR