Pemain Inti dan Cadangan Dahsyat, Berikut Posisi Paling Solid di Timnas Indonesia Saat Ini
Pemain Timnas Indonesia melakukan sesi foto sebelum pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:42
14 Juni 2024

Pemain Inti dan Cadangan Dahsyat, Berikut Posisi Paling Solid di Timnas Indonesia Saat Ini

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski sukses, Tim Garuda belum sempurna dan masih ada area yang memerlukan kedalaman lebih baik.

Selama hampir lima tahun, Shin Tae-yong telah mencoba banyak pemain, termasuk pemain keturunan yang dinaturalisasi, meningkatkan kedalaman skuad.

Namun, beberapa posisi masih membutuhkan pemain berkualitas tinggi. Jadi, posisi mana saja yang memiliki kedalaman skuad yang baik, dan mana yang masih butuh tambahan pemain?

Punya Banyak Pemain Sayap

Baca Juga: Komentari Debut Calvin Verdonk, Pemain Keturunan Seharga Rp 121,6 Miliar Diserbu Netizen

Selebrasi Timnas Indonesia dalam laga menghadapi Filipina. (pssi.org)Selebrasi Timnas Indonesia dalam laga menghadapi Filipina. (pssi.org)

Beberapa tahun lalu, Timnas Indonesia memiliki banyak penyerang sayap andalan. Kini, posisi ini juga bisa dimainkan oleh bek sayap yang lebih maju.

Shin Tae-yong memiliki pemain seperti Sandy Walsh, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, dan Calvin Verdonk.

Untuk penyerang sayap, ada Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, Marselino Ferdinan, Yance Sayuri, Dony Tri Pamungkas, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly, dan Witan Sulaeman.

Sisi Pertahanan Juga Aman

Posisi stoper dan pemain sayap adalah yang paling melimpah stoknya di Timnas Indonesia.

Baca Juga: 4 Rekor Menarik Usai Timnas Indonesia Melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kecepatan di sisi sayap dan kedalaman pertahanan menjadi keunggulan Tim Garuda, terutama di bawah arahan Shin Tae-yong.

Di posisi stoper, pada dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 terakhir (Juni 2024), ada Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner, dan Jordi Amat. Meski Shin Tae-yong sering menggunakan formasi tiga bek, stok pemain di posisi ini masih cukup.

Elkan Baggott telah menjadi andalan sejak 2020, dan Fachruddin Aryanto, dengan pengalamannya, selalu menjadi pilihan utama sebelum hadirnya Justin Hubner.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #pemain #inti #cadangan #dahsyat #berikut #posisi #paling #solid #timnas #indonesia #saat

KOMENTAR