Hajar Leeds, Southampton Temani Leicester dan Klub Elkan Baggott ke Premier League
Southampton resmi kembali ke Premier League setelah mengalahkan Leeds United 1-0 dalam laga final playoff Divisi Championship 2023-2024 di Stadion Wembley, London, Senin (27/5/2024) dini hari WIB. [Dok. AFP]
06:00
27 Mei 2024

Hajar Leeds, Southampton Temani Leicester dan Klub Elkan Baggott ke Premier League

Southampton berhasil mengunci tiket promosi ke Premier League musim depan setelah mengalahkan Leeds United dengan skor 1-0 di final play-off Championship di Stadion Wembley, London, Minggu (26/5).

Gol tunggal Adam Armstrong di babak pertama menjadi pembeda dalam pertandingan sengit ini, mengantarkan Southampton kembali ke kasta tertinggi sepak bola Inggris setelah dua musim absen.

Kemenangan ini sekaligus mengantarkan Southampton menjadi tim ketiga dari Divisi Championship yang promosi ke Premier League musim depan.

Mereka menyusul Leicester City dan klub Elkan Baggott Ipswich Town yang lolos melalui jalur otomatis.

Baca Juga:Jangan Diisi Pemain Biasa, Siapa Pengganti Elkan Baggott saat Timnas Indonesia Lawan Irak?

Jalannya Pertandingan

Pertandingan berlangsung ketat sejak menit awal dengan Leeds United yang langsung mengambil inisiatif serangan. Wilfried Gnonto hampir membawa Leeds unggul, namun tendangannya berhasil ditepis kiper Southampton, Alex McCarthy.

Di sisi lain, Southampton juga tak mau kalah dan mendapatkan peluang melalui tendangan bebas William Smallbone. Namun, Illan Meslier, kiper Leeds, sigap mengamankan bola.

Pada menit ke-24, Southampton akhirnya memecah kebuntuan. Adam Armstrong berhasil memanfaatkan umpan Smallbone untuk mencetak gol dan membawa Southampton unggul 1-0.

Armstrong hampir menggandakan keunggulan Southampton, namun upayanya kembali digagalkan Meslier.

Baca Juga:3 Sejarah Tercipta di Premier League 2023-2024, No.3 Bikin Malu Fans Manchester United

Memasuki babak kedua, Southampton tampil lebih agresif dan berusaha menambah keunggulan. Namun, Leeds tak tinggal diam dan terus berusaha menyamakan kedudukan.

Daniel James hampir menyamakan kedudukan untuk Leeds, namun tendangannya masih membentur mistar gawang Southampton.

Hingga peluit akhir dibunyikan, skor 1-0 tetap bertahan untuk Southampton. Kemenangan ini mengantarkan mereka kembali ke Premier League setelah dua musim absen.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hajar #leeds #southampton #temani #leicester #klub #elkan #baggott #premier #league

KOMENTAR