AFC Bocorkan Kekuatan Shin Tae-yong, Pengamat Kaget Bukan Main
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) mengamati permainan timnya pada laga uji coba kontra Libya di Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) malam WIB. [dok. PSSI]
07:00
8 Januari 2024

AFC Bocorkan Kekuatan Shin Tae-yong, Pengamat Kaget Bukan Main

Kejadian menarik sempat mewarnai pengumuman skuad resmi Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Pasanya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan susunan pemain final Garuda lebih dulu dibanding pelatih Shin Tae-yong maupun PSSI.

AFC mengumumkan skuad resmi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pada Jumat (5/1/2023). Saat itu, Shin Tae-yong bahkan masih merahasiakan para pemain yang dibawanya.

Keputusan AFC untuk "mencuri start" itu pun mendapat banyak perhatian, tak terkecuali dari pengamat sepak bola, salah satunya Bung Ropan.

Meski demikian, Ropan lebih menyoroti susunan pemain yang dibawa Shin Tae-yong, bukan perihal siapa pihak yang lebih dulu mengumumkan skuad utama Timnas Indonesia.

Bung Ropan membahas terkait keputusan pelatih Shin Tae-yong yang mencoret dua gelandang yakni Arkhan Fikri dan Adam Alis dalam menentukan skuad resmi Garuda di Piala Asia 2023.

Adam Alis dan Arkhan Fikri. [PSSI]Adam Alis dan Arkhan Fikri. [PSSI]

Sebagai informasi, Timnas Indonesia membawa 28 pemain dalam pemusatan latihan di Turki. Namun, alokasi pemain yang diperbolehkan untuk terdaftar di Piala Asia 2023 hanya 26.

Alhasil, Shin Tae-yong harus mencoret dua pemain dan Adam Alis serta Arkhan Fikri yang pada akhirnya harus dikorbankan.

Keputusan mencoret dua pemain berposisi gelandang sekaligus pun disoroti Bung Ropan. Dia menilai Shin Tae-yong amat berani karena skuad utama Timnas Indonesia otomatis kini memiliki opsi gelandang yang lebih sedikit.

Bahkan, tipe pemain Timnas Indonesia yang benar-benar fasih beroprasi di lini tengah cuma ada empat orang yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner.

Dalam pengumuman skuad Timnas Indonesia, nama-nama seperti Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri hingga Egy Maulana Vikri memang disebut sebagai gelandang atau pemain tengah.

Namun faktanya, semua pemain itu lebih banyak beroprasi di posisi yang lebih menyerang seperti winger atau gelandang serang.

"Dua-duanya [yang dicoret Shin Tae-yong] gelandang, sehingga [jumlah] elandang itu berkurang. Kalau melihat gelandang yang ada ya, sedikit sekali," kata bung Ropan dikutip dari Kanal YouTube pribadinya, Senin (8/1/2023).

Menurut bung Ropan, Shin Tae-yong sejatinya punya opsi untuk mencoret salah satu pemain depan yang dibawa ke Turki. Pasalnya, jumlah penyerang Garuda terbilang melimpah.

Jika memasukan Witan, Egy, Yakob hingga Saddil sebagai pemain depan alih-alih gelandang, maka jumlah lini serang Garuda berjumlah sembilan.

Lima pemain yang dikategorikan sebagai penyerang lainnya adalah Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad dan Rafael Struick.

"Saya juga kaget, kenapa tidak salah satu di antara pemain depan [yang dicoret]."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bocorkan #kekuatan #shin #yong #pengamat #kaget #bukan #main

KOMENTAR