Respons Marc Klok usai Tersisih dari Skuad Timnas Indonesia, Singgung Gelandang Baru Garuda
Pemain timnas Indonesia Marc Klok saat merepresentasikan jersei, Senin (18/03/2024). (ANTARA/X/Timnas Indonesia)
13:24
21 Mei 2024

Respons Marc Klok usai Tersisih dari Skuad Timnas Indonesia, Singgung Gelandang Baru Garuda

Gelandang naturalisasi milik Persib Bandung, Marc Klok mulai kehilangan tempat di Timnas Indonesia. Dia pun merespons situasi itu dengan pola pikir positif.

Marc Klok bertahun-tahun menjadi andalan skuad Garuda di lini tengah. Namun belakangan, kehadiran para pemain keturunan terutama Ivar Jenner dan Thom Haye mengubah peruntungannya.

Eks pemain Persija Jakarta ini tak lagi jadi pilihan utama. Bahkan, untuk laga kontra Irak dan Filipina pada Juni 2024, Klok tak lagi dipanggil pelatih Shin Tae-yong.

Situasi itu direspons Marc Klok. Dia menyebut apa yang dihadapinya sebagai hal wajar. Posisinya di Timnas Indonesia memang lambat laun akan digantikan wajah-wajah baru.

Menurut Marc Klok, tim nasional harus diisi pemain-pemain terbaik agar dapat bersaing.

"Ini sehat bagi tim untuk memiliki wajah baru dan perspektif segar. Itu normal dalam sepakbola," kata Marc Klok saat dihubungi awak media.

Marc Klok (Instagram/marcklok)Marc Klok (Instagram/marcklok)

Tanpa Marc Klok, Shin Tae-yong memanggil sejumlah nama untuk mengisi posisi tengah seperti Ivar Jenner, Thom Haye, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan. Nathan Tjoe-A-On juga tampil sangat baik sebagai gelandang yang membuat Klok semakin terpinggirkan.

Datangnya deretan wajah baru dalam skuad Timnas Indonesia membuat persaingan semakin ketat. Bagi Klok hal tersebut memotivasi dirinya untuk meningkatkan kemampuan.

"Hal ini membuat semua orang tetap waspada dan mendorong kami untuk melakukan yang terbaik," jelasnya.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 6 Juni. Lima hari setelahnya menjamu Filipina di venue yang sama.

Timnas Indonesia butuh tiga poin untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga. Skuad Garuda bisa dibilang diuntungkan karena bertindak sebagai tuan rumah dua kali.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #respons #marc #klok #usai #tersisih #dari #skuad #timnas #indonesia #singgung #gelandang #baru #garuda

KOMENTAR