Kemenangan dan Kekalahan Terbesar Timnas Indonesia di Bawah Shin Tae-yong
Timnas Indonesia kalah secara telak dari Irak 1-5 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
20:00
20 Mei 2024

Kemenangan dan Kekalahan Terbesar Timnas Indonesia di Bawah Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong dikabarkan bakal segera memperpanjang kontrak bersama Timnas Indonesia. Juru taktik yang kali pertama dikontrak PSSI sejak akhir 2019, akan jadi nakhoda skuad Merah Putih hingga 2027.

Sebelum memperpanjang kontrak, Shin Tae-yong telah membuktikan kemampuannya untuk mendongrak performa Timnas Indonesia.

Meski belum mempersembahkan gelar juara, juru taktik asal Korea Selatan itu mampu mendongkrak ranking FIFA Garuda Muda hingga kini menduduki posisi 134.

Selama menukangi Garuda, Shin Tae-yong telah memimpin 45 pertandingan. Dalam periode itu, dia mencatatkan 23 kemenangan, 10 hasil imbang, dan 12 kekalahan, dengan Timnas Indonesia mencetak 94 gol dan kebobolan 59 gol.

Dari banyaknya laga yang telah dimainkan, berikut kemenangan dan kekalahan terbesar Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Kekalahan Terbesar STY

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [KARIM JAAFAR / AFP]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [KARIM JAAFAR / AFP]

Kekalahan terbesar Timnas Indonesia di bawah pimpinan Shin Tae-yong terjadi ketika mereka takluk 1-5 dari Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra pada November 2023 lalu.

Namun, kekalahan tersebut tidak merusak mental tim. Mereka perlahan memperbaiki performa dan menunjukkan peningkatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kemenangan Terbesar STY

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran pertama (dok. pssi.org)Pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran pertama (dok. pssi.org)

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong juga sering meraih kemenangan besar, termasuk dua kali menang dengan skor 7-0.

Mereka mencapai kemenangan tersebut melawan Timnas Nepal dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, serta melawan Timnas Brunei Darussalam di babak grup Piala AFF 2022.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kemenangan #kekalahan #terbesar #timnas #indonesia #bawah #shin #yong

KOMENTAR