Profil Coach Justin Lhaksana, Eks Pelatih Timnas Futsal Lulusan Belanda
Coach Justinus Lhaksana (whiteboardjournal.com)
20:48
19 Mei 2024

Profil Coach Justin Lhaksana, Eks Pelatih Timnas Futsal Lulusan Belanda

Menjadi sosok yang cukup kontroversial di persepakbolaan tanah air, pengamat sepak bola atau biasa disebut pundit yang satu ini tidak pernah berhenti menyampaikan pendapatnya soal timnas. Sekilas profil Coach Justin Laksana, bisa Anda cermati di sini.

Namanya sebenarnya bukan hal baru di dunia olahraga Indonesia, karena ia pernah membawa timnas futsal meraih prestasi yang gemilang.

Masuk menjadi pelatih futsal dan memiliki latar belakang edukasi di Belanda, belakangan ia kembali viral karena dikabarkan akan memberikan spill dan konfirmasi penting lewat akun X yang ia miliki.

Profil Coach Justin Laksaa

Memiliki nama asli Justinus Lhaksana, ia lahir di Surabaya, 28 Juli 1967 lalu. Sang ayah yang berkebangsaan Belanda kemudian membawanya ke Negeri Kincir Air di usia anak-anak, dan melanjutkan pendidikannya di sana.

Sempat merasakan beberapa sekolah sepakbola dan akademi di Belanda, ia juga pernah menjalani karir profesional di berbagai bidang. Namun ketertarikannya pada sepakbola membawanya menjadi seorang pelatih futsal, yang pernah dipercaya untuk mengelola timnas pada tahun 2004 lalu.

Kini malang melintang di berbagai kanal YouTube dan media online, ia memulai karir sebagai pengamat pada tahun 2007, ketika menjadi komentator untuk sebuah acara di Lativi. Singkat cerita ia kemudian terus mendalami persepakbolaan dan menjadi salah satu pundit yang banyak memiliki pengikut, dan lawan diskusi yang seru untuk banyak orang.

Belakangan Coach Justin memiliki akun pribadi dengan nama Justinus Lhaksana, dan acara JusTalk untuk memberikan analisis, preview, dan review pertandingan sepak bola. Ia sempat diundang di beberapa cara untuk turut menganalisis penampilan timnas U23 yang berlaga di gelaran akbar.

Meski pada awal kemunculannya ia menjadi sosok yang dibenci banyak orang, ia tetap berprinsip kuat dan teguh pada pengamatannya. Dikenal sebagai seorang yang ceplas-ceplos dalam memberikan komentar namun memiliki basis data untuk analisis yang kuat, banyak kata-kata yang keluar dari dirinya terbukti benar untuk timnas sepakbola Indonesia.

Viral di X atas Cuitannya

Beberapa waktu yang lalu, Coach Justin kembali viral lantaran mengungkapkan sesuatu di akun X miliknya. Awalnya cuitan ini menyematkan nama federasi sepakbola PSSI, namun kemudian diedit. Cuitannya sebelum diedit adalah sebagai berikut:

Surat terbuka buat PSSI & Timnas Indonesia: Gw udah gak bisa lanjut. Gw menyerah…

Cuitan tersebut kemudian diedit menjadi:

Surat terbuka buat Timas: Gw udah gak bisa lanjut. Gw menyerah…

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #profil #coach #justin #lhaksana #pelatih #timnas #futsal #lulusan #belanda

KOMENTAR