FIFA Tunjuk Brasil Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Putri 2027
Arsip - Para pemain timnas putri AS merayakan kemenangan mereka dengan mengangkat trofi Piala Dunia Putri seusai mengalahkan Belanda pada babak final di Groupama Stadium, Lyon, Prancis, pada 7 Juli 2019. FRANCK FIFE / AFP.
05:30
18 Mei 2024

FIFA Tunjuk Brasil Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Putri 2027

Momen bersejarah tercipta di Kongres FIFA ke-74 yang berlangsung di Bangkok, Thailand. FIFA secara resmi mengumumkan Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia Putri 2027.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Sabtu (18/5/2024), Brasil berhasil meraih 119 suara dalam pemilihan, mengungguli tawaran bersama dari Belgia, Belanda, dan Jerman yang mengumpulkan 78 suara.

Keputusan ini menjadikan Brasil sebagai negara Amerika Selatan pertama yang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola wanita bergengsi ini.

"Pada Kongres FIFA ke-74 di Bangkok, Thailand, Brasil diumumkan sebagai negara tuan rumah Piala Dunia Putri edisi kesepuluh yang akan diadakan pada tahun 2027, menjadi negara Amerika Selatan pertama yang menjadi tuan rumah turnamen," tulis laman resmi FIFA.

"Pengumuman ini muncul setelah proses penawaran Piala Dunia Putri paling komprehensif yang pernah ada, dan – untuk pertama kalinya – diputuskan melalui pemungutan suara terbuka di Kongres FIFA. Brazil menerima 119 suara sementara tawaran bersama Belgia, Belanda dan Jerman menerima 78 suara," tulis laman resmi FIFA.

Logo FIFA jelang pembukaan Piala Dunia 2022. [AFP]Logo FIFA jelang pembukaan Piala Dunia 2022. [AFP]

Piala Dunia Putri 2027 akan menjadi edisi kesepuluh dari turnamen sepak bola wanita terbesar di dunia ini.

Sejak turnamen perdana di China pada tahun 1991, telah banyak negara yang berkesempatan menjadi tuan rumah, termasuk Swedia, Amerika Serikat, Jerman, Kanada, Prancis, dan Australia & Selandia Baru (tuan rumah bersama).

Amerika Serikat saat ini masih menjadi negara tersukses di Piala Dunia Putri dengan mengoleksi empat gelar juara.

Diikuti Jerman dengan dua gelar juara, dan Jepang, Norwegia, serta juara bertahan Spanyol yang masing-masing meraih satu gelar.

Brasil, dengan sejarah sepak bola wanitanya yang kaya dan basis penggemar yang besar, diyakini akan menjadi tuan rumah yang luar biasa untuk turnamen ini.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fifa #tunjuk #brasil #jadi #tuan #rumah #piala #dunia #putri #2027

KOMENTAR