VAR Akhirnya Hadir di Sepak Bola Indonesia, Teco: Silakan Nilai Sendiri
Video Assistant Referee (VAR) akhirnya digunakan di kompetisi BRI Liga 1. [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]
23:12
15 Mei 2024

VAR Akhirnya Hadir di Sepak Bola Indonesia, Teco: Silakan Nilai Sendiri

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra alias Teco berharap penerapan Video Assistant Referee (VAR) di sepak bola Indonesia semakin berjalan baik.

Dikutip dari laman resmi klub, Rabu (15/5/2024), Teco berharap penerapan VAR bisa membantu kinerja wasit yang kadang bisa salah dalam mengambil keputusan.

"Mudah-mudahan adanya VAR akan membantu Liga 1 bisa lebih bagus. Kita pikir positif karena sepak bola kita juga butuh untuk bisa lebih fair membantu wasit. VAR bisa membantu wasit agar lebih adil buat tim yang bertanding di lapangan untuk liga di Indonesia bisa lebih bagus," ungkap Teco.

Pelatih kepala Bali United, Teco. [dok. Bali United]Pelatih kepala Bali United, Teco. [dok. Bali United]

Diketahui pertandingan Bali United vs Persib Bandung pada leg pertama semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 di Gianyar, Selasa (14/5/2024) jadi saksi penerapan VAR perdana di Liga Indonesia.

VAR akan membantu wasit dalam empat hal untuk mengambil keputusan yang tepat yaitu perihal gol atau tidak, kartu merah langsung atau tidak, penalti atau tidak, dan kesalahan yang terjadi di lapangan.

Terhitung ada dua momentum checking VAR terjadi pada laga Bali United vs Persib yaitu possible penalty pada menit ke-52 dan possible red card pada menit ke-75.

Keputusan penalti diberikan untuk kubu tim tamu Persib yang dieksekusi David da Silva dan berhasil digagalkan oleh Adilson Maringa.

Mengenai penerapan VAR pada pertandingan kemarin, Teco tidak ingin berkomentar lebih soal penerapan VAR perdana di Indonesia ini.

"Saya tidak ingin berkomentar karena mungkin media atau wartawan bisa menilai dari atas tribun seperti apa VAR ini berfungsi di lapangan sudah sesuai atau belum. Silakan menilai sendiri untuk saat ini," tegas Teco.

Selanjutnya Bali United akan gantian bertandang ke markas Persib pada leg kedua semifinal Championship Series di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, 18 Mei mendatang.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #akhirnya #hadir #sepak #bola #indonesia #teco #silakan #nilai #sendiri

KOMENTAR