Blusukan ke Belanda, Indra Sjafri Kasih Angin Surga ke Pemain Keturunan: Bisa Perkuat Como 1907
Indra Sjafri bersama lima pemain keturunan Indonesia. (Instagram/@indrasjafri_coach)
22:12
15 Mei 2024

Blusukan ke Belanda, Indra Sjafri Kasih Angin Surga ke Pemain Keturunan: Bisa Perkuat Como 1907

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengaku sempat bercerita kepada orang tua pemain keturunan di Belanda bahwa anaknya bisa saja membela klub-klub seperti Como 1907. Sebab, klub yang baru saja promosi ke Serie A itu dimiliki orang Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Indra Sjafri blusukan ke Belanda untuk memantau sejumlah pemain keturunan. Juru taktik asal Sumatera Barat itu menemui tujuh pemain yang bersedia membela Timnas Indonesia U-20.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri saat ditemui di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri saat ditemui di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Mereka adalah Jens Raven, Xavi Wouldstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, Sacha Deighton, dan D'Leanu Arts. Ketujuhnya datang bersama dengan orang tuanya.

Nah, dalam kesempatan inilah Indra bercerita bahwa mereka bisa saja membela tim-tim Eropa yang dimiliki orang Indonesia. Namun, dengan catatan sesuai kriteria yang diinginkan pelatih klub tersebut.

"Salah satu juga saya sampaikan kepada pemain dan orang tua pemain yang ada di Belanda kemarin, kalau para pemain yang ada nanti bisa juga mereka bermain dengan klub-klub yang dimiliki oleh orang Indonesia termasuk Como," kata Indra Sjafri saat ditemui di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

"Di Australia ada Brisbane Roar karena ini jadi daya tarik (Como) promosi ke Serie A nya Italia. Mudah-mudahan ya nanti semuanya akan berjalan lancar," jelasnya.

Indra Sjafri tengah menggembleng Timnas Indonesia U-20 yang diproyeksikan tampil di sejumlah agenda. Seperti Piala AFF U-19, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dan Piala Dunia U-20 2025.

Terdekat, Timnas Indonesia U-20 akan berlaga di Turnamen Toulon yang berlangsung pada 3-16 Juni 2024. Timnas Indonesia U-20 berada satu grup bersama dengan Ukraina, Italia, Jepang, dan Panama.

Sebelum itu, Garuda Nusantara akan menggelar training camp (TC) di markas Como 1907, Italia. Pemusatan latihan akan dimulai pada 24-31 Mei mendatang.

"Tugas saya sebagai pelatih hanya menentukan pemain ini layak atau tidak layak untuk dijadikan pemain tim nasional," jelasnya.

"Kalau layak, saya akan menulis surat resmi ke ketua umum PSSI bahwa diminta agar pemain ini dilanjutkan proses administrasinya. Apakah bisa nanti bisa dipakai di AFF di bulan Juli, itu nanti kita lihat prosesnya."

"Dan saya pikir PSSI selama ini sudah bekerja keras dan Alhamdulillah kerja sama antara PSSI, pemerintah untuk suport PSSI saya pikir, saya sangat yakin ini akan bisa lebih cepat," pungkasnya.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #blusukan #belanda #indra #sjafri #kasih #angin #surga #pemain #keturunan #bisa #perkuat #como #1907

KOMENTAR