Pelatih Legenda Argentina Cesar Luis Menotti Meninggal Dunia
Pelatih Legenda Argentina Cesar Luis Menotti (Argentine Football Association)
14:00
6 Mei 2024

Pelatih Legenda Argentina Cesar Luis Menotti Meninggal Dunia

Pelatih Legenda Argentina Cesar Luis Menotti yang berhasil membawa Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 1978 telah meninggal dunia pada usia 85 tahun pada hari Minggu kemarin.

Asosiasi Sepak Bola Argentina dengan sedih memberitahukan bahwa Cesar Luis Menotti, mantan pelatih yang mengantarkan Argentina meraih gelar juara dunia, telah meninggal dunia.

"Asosiasi Sepak Bola Argentina dengan sangat menyesal melaporkan kematian Cesar Luis Menotti, mantan pelatih juara dunia Argentina,” begitu pernyataan dari Argentine Football Association (AFA) pada hari Senin menyatakan.

Cesar Luis Menotti, yang dikenal dengan julukan El Flaco (sang Kurus), adalah seorang perokok berat yang mengelola 11 klub dan dua tim nasional (Argentina dan Meksiko) selama karir kepelatihannya yang berlangsung selama 37 tahun.

Selain menangani tim-tim besar seperti Boca Juniors dan River Plate, pelatih asal Rosario, Argentina, juga telah menangani beberapa klub top Eropa seperti Barcelona, Atletico Madrid, dan Sampdoria.

Puncak karirnya terjadi ketika ia berhasil membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 1978 dengan mengalahkan Belanda 3-1, di mana dua gol dicetak oleh Mario Kempes dan satu gol oleh Ricardo Bertoni, sedangkan satu gol untuk Belanda dicetak oleh Willem Nanninga.

Salah satu keputusan kontroversial yang diambil oleh Menotti adalah tidak memasukkan pemain fenomenal berusia 17 tahun, Diego Maradona, dalam skuad Argentina untuk Piala Dunia 1978, meskipun sebelumnya Maradona telah dimasukkan dalam skuad Argentina pada tahun 1977.

Lionel Messi, bintang sepak bola legendaris dari Argentina, juga ikut menyampaikan rasa duka melalui Instagram Story dengan menuliskan, "Salah satu teladan besar bagi dunia sepak bola telah meninggalkan kita. Kami mengirimkan belasungkawa yang tulus untuk keluarga dan orang-orang yang dicintainya."

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #pelatih #legenda #argentina #cesar #luis #menotti #meninggal #dunia

KOMENTAR