Respons Justin Hubner usai Disebut AFC Absen di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak
Potret Justin Hubner (Instagram/@justinhubner5)
13:48
2 Mei 2024

Respons Justin Hubner usai Disebut AFC Absen di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak

Bek Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner mengunggah foto di Instagram Stories, yang sekaligus menjadi respons terhadap klaim Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang menyebut dirinya absen lawan Irak.

AFC bikin heboh setelah mengklaim Justin Hubner terkena akumulasi kartu, sehingga akan absen saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Irak di laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Duel Indonesia vs Irak akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Laga ini akan kick-off pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

"Shin Tae-yong juga harus menghadapi absennya bek tengah Rizky Ridho (kapten) dan Justin Hubner, yang merupakan komponen kunci dari trio lini pertahanan mereka," tulis AFC dalam artikelnya dikutip pada Kamis (2/5/2024).

Klaim dari AFC membuat kebingungan mengingat tidak sesuai dengan regulasi kompetisi Piala Asia U-23 2024. Merujuk regulasi, Hubner seharusnya bisa tampil di laga nanti.

"Setiap pemain yang berpartisipasi atau ofisial yang berpartisipasi dalam babak grup dan perempat final yang hanya menerima satu (1) peringatan [kartu kuning] tidak akan membawa peringatan tersebut ke semi final," demikian regulasi pasal 54.1.4.

Hubner diketahui mendapatkan kartu kuning pertamanya pada fase grup Piala Asia U-23 2024. Sesuai regulasi, dia mendapat pemutihan setelah Indonesia melangkah ke semifinal.

Di babak semifinal, bek yang tengah menjalani peminjaman bersama Cerezo Osaka itu kembali mendapatkan kartu kuning saat Indonesia kalah 0-2 dari Uzbekistan.

Merujuk regulasi, Hubner seharusnya baru mendapat satu kartu kuning setelah pemutihan pasca perempat final. Artinya, dia memenuhi syarat untuk tampil kontra Irak di perebutan tempat ketiga.

Unggahan Justin Hubner di Instagram Stories. [Ig/@justinhubner5]Unggahan Justin Hubner di Instagram Stories. [Ig/@justinhubner5]

Terkini, Hubner secara tak langsung merespons pernyataan AFC. Dia mengunggah sebuah poster Indonesia vs Irak di Instagram Stories yang memperlihatkan foto dirinya.

Hal itu bisa diartikan bahwa Hubner siap bertanding di laga nanti. Apalagi, pertandingan ini begitu penting bagi Timnas Indonesia U-23.

Pemenang dari laga ini bakal otomatis lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. Sementara yang kalah akan memainkan babak playoff antar benua dengan melawan Guinea (peringkat keempat Piala Afrika U-23 2024).

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #respons #justin #hubner #usai #disebut #absen #laga #timnas #indonesia #irak

KOMENTAR