3 Pesepak Bola yang Dulunya Buruh, Dari Bintang Persib hingga Top Skorer Liga Inggris
Gelandang Bali United, Hariono. (Dok. Bali United)
12:42
1 Mei 2024

3 Pesepak Bola yang Dulunya Buruh, Dari Bintang Persib hingga Top Skorer Liga Inggris

Pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024, ada sejumlah pemain sepak bola yang memiliki latar belakang sebagai buruh sebelum akhirnya bisa mewujudkan mimpinya jadi bintang sepak bola.

Bagaimanapun, pesepak bola juga tak jauh berbeda dari buruh. Pada dasarnya, manusia yang menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa upah dari pengusaha atau pemberi kerja merupakan buruh.

Pesepak bola sama statusnya dengan pekerja, tenaga kerja, anak buah, atau karyawan dalam sebuah perusahaan. Sehingga, perayaan Hari Buruh Internasional 2024 ini juga menjadi hari yang harus dirayakan oleh para pesepak bola.

Berikut Suara.com menyajikan nama-nama pesepak bola yang pernah menjadi buruh hingga akhirnya sukses meretas karier menjadi bintang sepak bola yang disegani.

1. Jamie Vardy

Duo penyerang andalan Leicester City, Jamie Vardy (kanan) dan Kelechi Iheanacho. [MICHAEL REGAN / POOL / AFP]Duo penyerang andalan Leicester City, Jamie Vardy (kanan) dan Kelechi Iheanacho. [MICHAEL REGAN / POOL / AFP]

Penyerang Leicester City, Jaime Vardy, ternyata harus menjalani kehidupan yang berliku sebelum menjadi bintang sepak bola di Tanah Britania Raya. Sebab, dia harus bekerja sebagai buruh pabrik untuk menyambung hidupnya.

Ketika itu, dia bekerja sebagai buruh pabrik karbon fiber. Pekerjaan ini dilakoni Vardy meskipun dia sudah masuk tim utama Stockbridge pada 2007 hingga pindah ke FC Halifax Town pada 2010.

Puncaknya, dia sukses membawa Leicester City promosi ke kasta tertinggi hingga meraih gelar juara Liga Primer Inggris 2015/2016. Kiprahnya inilah yang membuatnya dipanggil Timnas Inggris pada 2015.

Media Vietnam Heran dengan Rumor Laga Indonesia vs Uzbekistan Diulang: Benar-benar Manja

2. Rickie Lambert

Pemain Southampton dan timnas Inggris, Rickie Lambert. (Shutterstock)Pemain Southampton dan timnas Inggris, Rickie Lambert. (Shutterstock)

Mantan pemain Liverpool, Rickie Lambert, juga pernah bekerja sebagai buruh pabrik jauh sebelum namanya melambung bersama The Reds. Karier sepak bolanya sempat surut pada masa awal.

Lambert pun harus mencari peruntungan lain dengan bekerja menyambi sebagai buruh di pabrik ubi sebelum mendapatkan kontrak resmi dari Macclesfield Town pada musim 2001/2002.

Setelah momen itu, kerja kerasnya membuahkan hasil. Kariernya terus melesat hingga akhirnya Lambert mendapatkan kesempatan untuk memperkuat Liverpool, salah satu klub tersukses di Inggris, pada 2014/2015.

3. Hariono

Gelandang Persib Bandung Hariono usai melakoni laga kontra Arema di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (18/2/2019). Dalam laga itu, Persib ditahan imbang Arema 1-1. [Suara.com/Aminuddin]Gelandang Persib Bandung Hariono usai melakoni laga kontra Arema di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (18/2/2019). Dalam laga itu, Persib ditahan imbang Arema 1-1. [Suara.com/Aminuddin]

Bagi sebagian besar pendukung Persib Bandung, nama Hariono tentu sudah tak asing lagi di telinga mereka. Pemain legendaris yang membawa banyak prestasi untuk Maung Bandung itu ternyata juga pernah bekerja sebagai buruh.

Jauh sebelum menjadi salah satu bintang Persib, Hariono dulunya pernah bekerja sebagai kuli di bagian gudang sebuah perusahaan minimarket di Sidoarjo selama kurang lebih tiga hingga empat tahun.

Pada saat yang sama, dia juga saat itu bermain di klub Divisi 2. Setelah melalui jalan yang panjang, ia akhirnya lolos seleksi Deltras Sidoarjo di era Jaya Hartono. Saat pelatihnya pindah ke Persib, dia turut diboyong.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pesepak #bola #yang #dulunya #buruh #dari #bintang #persib #hingga #skorer #liga #inggris

KOMENTAR