Kontroversi VAR Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan: Potensi Penalti Berubah Dropped Ball
Winger Timnas Indonesia U-23, Witan Sulaeman mendapat tekel dari pemain Uzbekistan selama pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4/2024) malam WIB. [Dok. Tangkapan Layar/Vision+]
22:54
29 April 2024

Kontroversi VAR Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan: Potensi Penalti Berubah Dropped Ball

Satu kontroversi terjadi sepanjang babak pertama laga Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan, Senin (29/4/2024). Wasit mengubah keputusan dari potensi penalti menjadi dropped ball.

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan tersaji dalam semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Skuad Garuda lebih banyak mendapat tekanan dari lawan sebelum menciptakan peluang emas pada menit ke-25 setelah Witan Sulaeman dijatuhkan lawan.

Dalam tayangan ulang, Witan mendapat tekel di kotak penalti, tetapi wasit hanya memberikan hadiah tendangan bebas.

Tak berselang lama, wasit Shen Yinhao asal China, memutuskan untuk berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR) terkait pelanggaran yang terjadi.

Namun, alih-alih memberikan Timnas Indonesia U-23 hadiah penalti, wasit justru mengubah keputusan dan menganggap tidak ada pelanggaran.

Dropped ball pun di lakukan di mana wasit memberikan bola kepada kiper Uzbekistan sebagai tanda pertandingan kembali dilanjutkan.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan dalam laga perempat final.

Tim asuhan Shin Tae-yong menyingkirkan Taeguk Warriors lewat drama adu penalti dengan skor 11-10 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Sementara Uzbekistan tampil superior dalam proses mencapai babak semifinal. Mereka tidak terkalahkan sepanjang fase grup dan mengalahkan juara bertahan Arab Saudi di perempat final dengan skor 2-0.

Lebih hebat, Uzbekistan sama sekali tak kebobolan dalam empat pertandingan yang telah dimainkan di Piala Asia U-23 2024.

Pemenang dari laga semifinal ini tak hanya bakal melaju ke partai puncak tetapi juga dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kontroversi #timnas #indonesia #uzbekistan #potensi #penalti #berubah #dropped #ball

KOMENTAR