Sudah Pasti Aman? Matematika Timnas Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23
Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Australia U-23 (pssi.org)
09:00
21 April 2024

Sudah Pasti Aman? Matematika Timnas Indonesia Lolos Perempat Final Piala Asia U-23

Peluang untuk melangkah lebih jauh dalam turnamen Piala Asia U-23 2024 semakin terbuka bagi Timnas Indonesia U-23 setelah meraih kemenangan 1-0 melawan Australia pada Kamis (18/4).

Meskipun kalah dari Qatar sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 berhasil membalikkan keadaan dan meraih kemenangan penting atas Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Performa tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan menampilkan permainan agresif yang mengesankan. Hasilnya, Indonesia berhasil mengalahkan Olyroos 1-0 berkat gol yang dicetak oleh Komang Teguh Trisnanda.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia meninggalkan dasar klasemen Grup A dan naik ke posisi kedua dengan mengemas tiga poin dari dua pertandingan.

Meskipun masih tertinggal tiga poin dari Qatar yang sudah memastikan diri lolos ke perempat final, Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk merebut tiket tersebut.

Satu tiket tersisa untuk melengkapi pasukan Qatar ke perempat final akan ditentukan pada laga terakhir Grup A, yang akan berlangsung pada tanggal 21 April 2024. Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Yordania, sementara Qatar akan melawan Australia.

Terdapat beberapa kriteria penentu jika terdapat dua atau lebih tim dengan jumlah poin yang sama pada akhir fase grup.

Meskipun gagal meraih kemenangan penuh, satu poin juga cukup untuk menempatkan Timnas Indonesia U-23 di perempat final.

Tambahan satu poin dari hasil seri akan membuat total poin Indonesia menjadi empat.

Jika Australia berhasil mengalahkan Qatar di pertandingan lain, maka jumlah poin Australia dan Indonesia akan sama. Namun, Indonesia tetap akan lolos karena aturan Piala Asia U-23 2024 menentukan peringkat fase grup berdasarkan head to head.

Kemenangan akan menjamin posisi Timnas Indonesia U-23 di posisi dua besar, dengan mengumpulkan enam poin setelah tambahan tiga poin dari kemenangan.

Dengan enam poin, posisi Indonesia tidak akan tergeser oleh Yordania atau Australia.

Jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Yordania, maka mereka tidak perlu bergantung pada hasil pertandingan lain yang melibatkan Qatar dan Australia.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #sudah #pasti #aman #matematika #timnas #indonesia #lolos #perempat #final #piala #asia

KOMENTAR