Profil Majed Mohammed Alshamrani, Wasit yang Memimpin Duel Timnas Indonesia U-23 vs Australia dengan Adil
Wasit Majed Mohammed Alshamrani. (Dok. RCTI)
10:06
19 April 2024

Profil Majed Mohammed Alshamrani, Wasit yang Memimpin Duel Timnas Indonesia U-23 vs Australia dengan Adil

Mengenal lebih jauh sosok Majed Mohammed Alshamrani, wasit yang ditunjuk AFC untuk memimpin pertandingan kedua grup A antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23.

Timnas Indonesia U-23 berhasil memetik kemenangan usai mengalahkan Australia di matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Bermain di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Garuda Muda menang tipis 1-0. 

Pada laga itu, AFC selaku penyelenggara pun menunjuk wasit yang akan memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23, yakni Majed Mohammed Alshamrani.

Kepemimpinan Majed Mohammed Alshamrani pun menuai reaksi positif dari netizen Tanah Air. Ia dianggap memimpin dengan cukup adil.

Profil Majed Mohammed Alshamrani 

Majed Mohammed Alshamrani merupakan wasit berkebangsaan Arab Saudi yang lahir pada 8 Desember 1989 atau saat ini berusia 34 tahun.

Kiprahnya sebagai wasit cukup mentereng. Ia merupakan salah satu wasit yang berkiprah di Saudi Pro League atau Liga Arab Saudi.

Di samping itu, Majed juga kerap dipercaya AFC untuk memimpin pertandingan-pertandingan level Asia seperti Liga Champions Asia hingga Piala Asia U-20.

Sepanjang kariernya sebagai wasit, Majed sendiri sudah memimpin 85 pertandingan dan terkenal rajin mengeluarkan kartu kuning.

Dalam 85 pertandingan yang dipimpinnya itu, Majed sudah mengeluarkan 317 kartu kuning, 11 kartu merah, dan memberikan 24 penalti.

Bagi Timnas Indonesia kelompok umur, Majed bukanlah wasit yang asing. la tercatat kerap memimpin laga-laga Garuda Muda di pentas internasional.

Majed diketahui pernah memimpin dua pertandingan SEA Games 2019 kala Timnas Indonesia tumbang sebanyak dua kali dari Vietnam di fase grup dan partai final.

Di partai final SEA Games 2019 itu, Majed menuai kontroversi karena tak memberi kartu kepada Doan Van Hau yang melanggar Evan Dimas secara kasar hingga cedera parah.

Di samping itu, Majed juga tercatat pernah memimpin duel Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Uzbekistan.

Majed memimpin dua pertandingan Indonesia yakni saat menang 1- O atas Suriah dan bermain imbang 0-0 kontra Uzbekistan.

Secara keseluruhan, Majed telah memimpin empat pertandingan Timnas Indonesia kelompok umur dengan catatan 1 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 2 kekalahan.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #majed #mohammed #alshamrani #wasit #yang #memimpin #duel #timnas #indonesia #australia #dengan #adil

KOMENTAR