Profil Tom Saintfiet, Pelatih Anyar Filipina yang Optimis Kalahkan Timnas Indonesia di SUGBK
Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet. (Dok. PFF)
16:54
30 Maret 2024

Profil Tom Saintfiet, Pelatih Anyar Filipina yang Optimis Kalahkan Timnas Indonesia di SUGBK

Pertandingan masih cukup lama tapi pelatih anyar Timnas Filipina, Tom Saintfiet, sudah menebar psywar kepada Timnas Indonesia.

Filipina dijadwalkan menghadapi Timnas Indonesia pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 11 Juni 2024.

Filipina sendiri kini menjadi juru kunci Grup F dengan raihan satu poin dari empat pertandingan. Mereka ada di bawah Vietnam, Indonesia, dan Irak.

Kendati jadwal pertandingan masih cukup jauh, Tom Saintfiet sudah sesumbar. Ia yakin Filipina bisa mencuri poin dari markas Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno.

Keyakinan itu hadir setelah Filipina mampu menahan imbang Timnas Indonesia 1-1 pada pertemuan pertama November tahun lalu.

"Kami bisa mendapatkan tujuh poin dan jika kami mendapatkan tujuh poin, itu berarti kami harus mengalahkan Indonesia saat tandang, dan sepengetahuan saya, head to head dihitung sebelum selisih gol. Jadi jika kami mengalahkan Indonesia dan mereka bermain imbang di sini, artinya kita akan lebih unggul dari Indonesia," kata Saintfiet dikutip dari ABS CBN News. 

Lantas, siapa sebetulnya Tom Saintfiet ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Tom Saintfiet

Tom Saintfiet merupakan pelatih baru Filipina yang ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) pada Februari lalu untuk menggantikan Michael Weiss.

Pria dengan nama lengkap Tom Julianus Saintfiet ini lahir di Belgia pada 29 Maret 1973. Ia juga merupakan mantan pesepakbola yang aktif bermain pada medio 1990-an.

Jejak kepelatihan Saintfiet sudah hadir sejak 1997 ketika ia menangani FC Zammel. Sejak saat itu, ia berkelana ke berbagai negara sebagai pelatih.

Mayoritas pria berusia 51 tahun tersebut banyak melatih tim-tim Afrika, termasuk tim nasional, dan Asia Timur.

Tom terakhir menangani Timnas Gambia selama enam tahun pada periode 2018-2024. Sebelum itu, dia pernah melatih Timnas Namibia, Zimbabwe, Etiopia, Yaman, Malawi, Togo, Bangladesh, Trinidad & Tobago, dan Malta.

Selain menjadi pelatih, Tom Saintfiet juga pernah menjabat posisi operasional saat menduduki posisi direktur teknik klub kasta kedua Liga Belanda, FC Emmen.

Kini Tom Saintfiet melatih Filipina dan punya target besar untuk lolos ke Piala Asia 2027 dan menjuarai Piala AFF 2024.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #saintfiet #pelatih #anyar #filipina #yang #optimis #kalahkan #timnas #indonesia #sugbk

KOMENTAR