Persiapan Piala Asia U-23 Dimulai Pekan Depan, STY Tak Bisa Sowan ke Klub Minta Izin Lepas Pemain
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)
11:30
28 Maret 2024

Persiapan Piala Asia U-23 Dimulai Pekan Depan, STY Tak Bisa Sowan ke Klub Minta Izin Lepas Pemain

Persiapan Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti Piala Asia U-23 2024 sudah dimulai pada 1 April mendatang. Namun, Pelatih Shin Tae-yong atau STY tidak bisa sowan ke klub satu-satu untuk meminta restu melepas pemain ke tim nasional.

Piala Asia U-23 berlangsung di Qatar mulai 15 April mendatang. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama tim tuan rumah, Yordania, dan Australia.

Namun, rencana STY membawa skuad terbaik akan terganjal aturan. Pasalnya, Piala Asia U-23 tidak berlangsung di kalender FIFA.

Artinya, klub tidak wajib melepas pemain ke Timnas Indonesia U-23. Bahkan, di BRI Liga 1 saja sejumlah tim seperti Persija Jakarta, Borneo FC, dan PSS Sleman menolak melepas pemain ke tim nasional.

Belum lagi pemain-pemain abroad yang menjadi andalan STY. Tentu butuh lobi-lobi luar biasa supaya pemain terbaik didapatkan.

Namun, STY ternyata tidak bisa turun tangan penuh secara langsung untuk melakukan pendekatan. Juru taktik asal Korea Selatan itu berharap, klub mau mendukung Timnas Indonesia U-23.

"Saya mungkin tidak bisa menemuinya (klub) satu-satu. Apalagi timnas sudah ada jadwal dari sebelum-sebelumnya," kata Shin Tae-yong kepada awak media.

"Jadi ya mungkin seharusnya ada komunikasi antara PSSI dan klub," kata mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Adapun Timnas Indonesia U-23 ditargetkan lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024. Kejuaraan ini menjadi penilaian PSSI untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

"Rencananya sih tanggal 1 April untuk berangkat ke Dubai untuk TC, tetapi mungkin harus koordinasi lagi dengan PSSI bagaimana ke depannya," terang STY.

"Semoga klub klub bisa kerja sama untuk melepas pemain-pemainnya yang akan dipanggil," pungkas pelatih 53 tahun tersebut.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #persiapan #piala #asia #dimulai #pekan #depan #bisa #sowan #klub #minta #izin #lepas #pemain

KOMENTAR