5 Negara dengan Ranking FIFA Tertinggi di Piala Asia 2023, Ada Rival Timnas Indonesia
Pemain timnas Jepang menjalani sesi foto jelang melawan timnas Thailand di laga uji coba (Instagram/japanfootballassociation)
11:24
14 Januari 2024

5 Negara dengan Ranking FIFA Tertinggi di Piala Asia 2023, Ada Rival Timnas Indonesia

Piala Asia 2023 sudah dimulai pada 12 Januari kemarin. Total ada 24 negara yang mengikuti turnamen terbesar se-Benua Kuning.

Lantas, siapa saja negara dengan ranking FIFA tertinggi di Piala Asia 2023?

1. Jepang

Dari 24 tim kontestan Piala Asia 2023 di Qatar ini, Jepang merupakan tim dengan peringkat tertinggi di ranking FIFA saat ini.

The Samurai Blue --julukan Timnas Jepang-- berada di peringkat 17 dunia. Kebetulan, Jepang akan jadi salah satu lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023.

Jepang juga menjadi tim tersukses sepanjang sejarah gelaran Piala Asia dengan torehan empat gelar juara Piala Asia.

2. Iran

Setelah Jepang, ada Iran yang menjadi peserta dengan peringkat dunia terbaik kedua di Piala Asia 2023. Iran saat ini menduduki tangga ke-21 FIFA.

Sama seperti Jepang, banyak pemain Iran yang kini merumput di Eropa sehingga mengangkat kualitas tim nasional mereka.

Iran yang konsisten menjadi salah satu kekuatan sepak bola terbesar di Asia, juga menjadi tim tersukses kedua dengan raihan 3 gelar Piala Asia.

3. Korea Selatan

Di urutan ketiga peringkat terbaik FIFA pada Piala Asia 2023 ada Korea Selatan. Song Heung-min dan kolega kini menempati peringkat ke-23 FIFA.

Korea Selatan diprediksi menjadi salah satu tim yang punya peluang besar untuk menjuarai Piala Asia 2023 sekaligus menambah koleksi gelar mereka menjadi tiga.

4. Australia

Australia menempati peringkat keempat sebagai tim dengan peringkat tertinggi di Piala Asia 2023. Negeri Kangguru kini menduduki ranking ke-25 dunia.

Australia yang berpindah dari Oceania ke AFC, sudah mengoleksi satu gelar saat menjuarai Piala Asia 2015.

5. Arab Saudi

Tim yang mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022 lalu ini menjadi tim peringkat tertinggi kelima di Piala Asia 2023 usai menempati ranking ke-56 dunia.

Sama seperti Iran, Arab Saudi sudah mengoleksi tiga gelar Piala Asia. Mereka tentu berambisi untuk menyamai perolehan gelar Jepang.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #negara #dengan #ranking #fifa #tertinggi #piala #asia #2023 #rival #timnas #indonesia

KOMENTAR