Rival di ASEAN Makin Berkembang, Erick Thohir Minta Timnas Indonesia Jangan Puas karena Bisa Kalahkan Vietnam
Starting eleven Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 21 Maret 2024. [BAY ISMOYO / AFP]
22:42
23 Maret 2024

Rival di ASEAN Makin Berkembang, Erick Thohir Minta Timnas Indonesia Jangan Puas karena Bisa Kalahkan Vietnam

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir minta kepada skuad Timnas Indonesia jangan cepat puas hanya karena cuma bisa mengalahkan Vietnam. Sebab, rival-rival skuad Garuda di ASEAN terus berkembang.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia bisa mengalahkan Vietnam dalam matchday 3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Tim Merah Putih menang dengan skor tipis 1-0.

Di ajang yang sama, beberapa negara ASEAN juga bertanding pekan ini. Meski tidak ada yang menang kecuali Timnas Indonesia, tim-tim Asia Tenggara tetap menunjukkan permainan yang baik meski lawan yang dihadapi tim-tim kuat.

Seperti Thailand yang berhasil menahan imbang Korea Selatan 1-1 di Grup C dan Singapura yang memaksa China bermain sama kuat 2-2. Situasi ini membuat Erick Thohir mengingatkan para pemain Timnas Indonesia jangan cepat puas.

"Saya lihat negara-negara Asia Tenggara sudah mulai meninggikan standar persepakbolaannya," kata Erick Thohir dalam keterangan resminya yang dikutip Sabtu (23/3/2024).

Erick Thohir (pssi.org)Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (PSSI.org)

"Kita lihat Korea kemarin seri sama Thailand, Singapura seri sama China. Artinya, kalau kita juga hanya senang sampai hari ini, ya kita nggak akan terus berkembang," sambung sang Ketum PSSI.

Erick berharap Timnas Indonesia terus mengasah diri menjadi lebih baik. Jangan sampai skuad Garuda tertinggal dari rival-rival di Asia Tenggara.

"Sama seperti yang saya bilang ketika Vietnam di atas kita jauh 5-6 tahun yang lalu. Kita bingung, ya kita harus terus berbenah diri. Artinya, mereka juga secara fisik keras," ucapnya.

"Ya, kalau pemain kita juga tidak berani main keras, bukan kasar ya, ya pasti kita tidak akan mendapatkan permainan yang sepadan gitu. Jadi tidak hanya skill, tapi bagaimana permainan tim dan juga mesti berani fisik keras gitu," pungkasnya.

Timnas Indonesia akan kembali melawan Vietnam di matchday 4 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Laga Vietnam vs Timnas Indonesia ini akan digelar di Hanoi di Stadion My Dinh pada 26 Maret 2024.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #rival #asean #makin #berkembang #erick #thohir #minta #timnas #indonesia #jangan #puas #karena #bisa #kalahkan #vietnam

KOMENTAR