Polemik Jersey Timnas Masih Berlanjut, Kini Erspo Adu Mulut dengan Ketua Jakmania
Sekretaris Umum Jakmania Dicky Soemarno (kanan) dalam jumpa pers terkait venue pertandingan terakhir Persija melawan Mitra Kukar di SUGBK. (Suara.com/Adie Prasetyo)
11:06
23 Maret 2024

Polemik Jersey Timnas Masih Berlanjut, Kini Erspo Adu Mulut dengan Ketua Jakmania

Polemik soal jersey terbaru Timnas Indonesia garapan Erspo (Erigo Sport) masih memanas. Terbaru Ketua Jakmania, Dicky Soemarno, dan Ernanda Putra.

Ernanda Putra sendiri merupakan sosok di balik konsep filosofi desain jersey Timnas Indonesia buatan Erspo. Ia adalah founder dari Makna Kreatif sebagai pembuat desain jersey.

Ernanda Putra sempat menjelaskan peran yang diemban Makna Kreatif dari project PSSI x Erspo ini. Terdapat dua tanggung jawab yang dilakukan Makna Kreatif, di antaranya desain branding dan konsep logo Erspo, kemudian konsep filosofi desain.

Adapun, filosofi yang diusung pada desain jersey skuad Garuda Erspo ini bertajuk echoes of allegiance atau gemuruh kesetiaan.

Filosofi itu tertuang pada detail corak pada jersey terbaru Timnas Indonesia. Namun, banyak orang yang masih menyebut desain tersebut terlalu polos dan tidak merepresentasikan gemuruh suporter.

Salah satu yang menyuarakan hal itu adalah Dicky Soemarno. Dalam unggahan di Instagram Story-nya, Dicky mempertanyakan makna “gemuruh” pada pattern jersey Timnas.

“Kalau bicara suporter, salah satu idiom, simbol dan representasi suporter di Indonesia ya gambar Bonek,” tulis Dicky.

“Kalau gemuruh sebagai pattern, kayaknya akan jadi perdenatan gemuruh yang seperti apa yang ada di suporter dan memang sudah merasakan gemuruh yang kayak gimana sebagai suporter,” jelasnya.

“Kalau cuma gemuruh direpresentasikan dari nonton di TV terus-terusan ya pasti beda energinya,” pungkasnya.

Menanggapi soal hal ini, Ernanda Putra langsung membalas di platform yang sama.

Ia mengaku juga merupakan seorang suporter garis keras dan punya pengalaman nonton langsung pertandingan di lapangan.

“Pas banget oomku saya, orang Surabaya dan fans Bajul Ijo dari tahun 1996. Sampai sekarang udah 2 kali nonton di stadion jaman SMP jaman Jaksen Tiago dkk dan 4 kali nonton Indonesia langsung di GBK. AFC sampe Piala Asia.”

“Saya juga tahu rasanya jadi suporter garis keras, gak cuma Anda doang yang suporter. Makasih buat infonya yang jujur sudah tahu semuanya dari jaman Anda belum kenal saya. Gih research dulu ya sebelum kritik orang,” ungkap Ernanda Putra.

Terlepas dari perdebatan yang hadir setelah peluncuran jersey baru Timnas Indonesia garapan Erspo. Debut jersey ini berakhir manis.

Pada laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (21/3) kemarin, Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, itu menjadi penanda debut jersey kandang Timnas Indonesia dari Erspo.

Kontributor: Aditia Rizki 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #polemik #jersey #timnas #masih #berlanjut #kini #erspo #mulut #dengan #ketua #jakmania

KOMENTAR