2 Alasan Mengapa Vietnam Hanya Punya 1 Pemain Naturalisasi
Kiper Naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen. (instagram.com/filipng1)
15:54
21 Maret 2024

2 Alasan Mengapa Vietnam Hanya Punya 1 Pemain Naturalisasi

Timnas Vietnam kini hanya memiliki satu pemain naturalisasi, sebuah angka yang sangat berbeda dengan Timnas Indonesia yang saat ini memiliki 10 pemain hasil naturalisasi.

Dalam pertandingan melawan Timnas Indonesia, Vietnam hanya mengandalkan satu pemain naturalisasi, yaitu Filip Nguyen, seorang kiper yang lahir di Praha, Republik Ceska.

Terdapat dua alasan yang mendorong Vietnam untuk tidak memiliki banyak pemain naturalisasi. Berikut adalah ulasannya!

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (dok. pssi.org)Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier (dok. pssi.org)

Ingin Mendorong SDM dari dalam Negeri

Vietnam memiliki dua alasan yang mendorong mereka untuk memiliki sedikit pemain naturalisasi. Pertama, mereka ingin mengembangkan sumber daya manusia sepak bola dari dalam negeri.

"Kita dapat mendorong pengembangan sepak bola dari sumber daya dalam negeri. Hal ini bukan hanya dilakukan oleh Vietnam, tetapi juga oleh Indonesia," ungkap pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier

"Negara-negara sepak bola mendapatkan lebih banyak dukungan dari FIFA dan lebih memperhatikan pengembangan sepak bola lokal, termasuk peningkatan kualitas pemain, fasilitas lapangan, dan wasit," tambahnya.

Mendorong Pemain Main di luar Negeri Secara Reguler

Troussier menyoroti tiga pemain Vietnam yang telah berkarier di luar negeri, yaitu Doan Van Hau, Nguyen Quang Hai, dan Nguyen Van Toan. Namun, karena minim pengalaman internasional, ketiganya akhirnya memilih untuk kembali ke Vietnam.

"Kedua, kita perlu memikirkan cara untuk mendukung pemain agar bisa bermain di luar negeri," ujar Troussier, pelatih yang sebelumnya menangani Timnas Jepang hingga Marseille ini.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #alasan #mengapa #vietnam #hanya #punya #pemain #naturalisasi

KOMENTAR