6 Pemain Timnas Indonesia yang Catatkan Gol di Piala Asia, Diisi Para Legenda!
Bambang Pamungkas (aseanfootball)
19:36
13 Januari 2024

6 Pemain Timnas Indonesia yang Catatkan Gol di Piala Asia, Diisi Para Legenda!

Melihat kembali deretan pemain Timnas Indonesia yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada ajang Piala Asia, di mana hanya ada enam pemain saja yang mampu masuk daftar ini.

Bukan rahasia lagi jika Timnas Indonesia tak pernah bisa berbuat banyak saat bertarung di Piala Asia. Tercatat, skuad Garuda kerap terhenti di fase grup.

Sejak partisipasi perdananya pada 1996, Timnas Indonesia telah tampil sebanyak empat kali di Piala Asia dan selalu tersingkir di fase grup.

Jika dibedah lebih dalam, dari empat kali partisipasinya di Piala Asia itu, Timnas Indonesia tampil sebanyak 12 kali dengan meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan delapan kekalahan.

Mirisnya lagi, dari 12 pertandingan yang dimainkan di Piala Asia sejak 1996, Timnas Indonesia hanya mampu mencetak 10 gol saja dan kebobolan 28 gol.

Ironisnya, total 10 gol itu dicetak di tiga edisi Piala Asia yakni 1996, 2004, dan 2008. Pada edisi 2000, Timnas Indonesia tersingkir di fase grup tanpa mencetak satu gol pun.

Terlepas dari catatan miris itu, 10 gol yang dilesakkan Timnas Indonesia di Piala Asia ternyata dicetak oleh enam pemain saja. Lantas, siapa saja para pemain tersebut?

1. Widodo C Putro

Widodo C Putro saat memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 silam. [dok. PSSI]Widodo C Putro saat memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 silam. [dok. PSSI]

Widodo C Putro menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang berhasil mencetak gol di Piala Asia, yakni pada edisi 1996 kala melawan Kuwait.

Pria yang kini berprofesi sebagai pelatih itu tercatat telah melesakkan dua gol di Piala Asia 1996 yakni saat bermain imbang 2-2 kontra Kuwait dan kalah 2-4 dari Korea Selatan.

2. Ronny Wabia

Pada Piala Asia edisi 1996, Widodo C Putro bukanlah satu-satunya pencetak gol bagi Timnas Indonesia. Masih ada nama Ronny Wabia yang juga mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Sama seperti Widodo C Putro, Ronny Wabia mampu mencetak dua gol di Piala Asia 1996 masing-masing saat bermain imbang 2-2 kontra Kuwait dan saat tumbang 2-4 dari Korea Selatan.

3. Budi Sudarsono

Mantan Pemain Timnas Indonesia Budi Sudarsono saat menunjukan jersey yang pernah ia pakai. [Twitter/@jebretmedia]Mantan Pemain Timnas Indonesia Budi Sudarsono saat menunjukan jersey yang pernah ia pakai. [Twitter/@jebretmedia]

Budi Sudarsono masuk dalam daftar jajaran top skor Timnas Indonesia di Piala Asia. Pasalnya, ia juga telah mencetak dua gol di ajang empat tahunan ini.

Pemain yang berjuluk Ular Piton ini mampu mencetak gol perdananya di Piala Asia 2004 kala Timnas Indonesia menang 2-1 atas Qatar. Lalu gol keduanya hadir di Piala Asia 2007 kala melawan Bahrain.

4. Ponaryo Astaman

Kapten Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 silam, Ponaryo Astaman (tengah). [JEWEL SAMAD / AFP]Kapten Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 silam, Ponaryo Astaman (tengah). [JEWEL SAMAD / AFP]

Meski berposisi sebagai gelandang, Ponaryo Astaman juga pernah mencatatkan namanya di papan skor saat membela Timnas Indonesia di Piala Asia.

Golnya sendiri hadir di Piala Asia 2004 kala Timnas Indonesia menang 2-1 atas Qatar. Gol tersebut menjadi gol Ponaryo satu-satunya di ajang tersebut.

5. Elie Aiboy

Elie Aiboy. (PSSI-football)Elie Aiboy. (PSSI-football)

Elie Aiboy dikenal sebagai salah satu winger mematikan yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Hal tersebut mampu ditunjukkannya di ajang sekelas Piala Asia.

Pada Piala Asia 2004 lalu, Elie Aiboy mampu mencetak satu gol kala Timnas Indonesia tumbang 1-3 dari Bahrain. Lalu di edisi 2007, ia berhasil mencetak gol ke gawang Arab Saudi yang menjadi gol terakhir skuad Garuda di ajang ini.

6. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas (aseanfootball)Bambang Pamungkas (aseanfootball)

Sebagai penyerang legendaris Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas juga mampu mencatatkan namanya di papan skor pada ajang Piala Asia.

Golnya di ajang tersebut tercipta di Piala Asia 2007 saat Timnas Indonesia menghadapi Bahrain. Gol Bambang Pamungkas itu menjadi penentu kemenangan skuad Garuda atas lawannya dengan skor 2-1.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #catatkan #piala #asia #diisi #para #legenda

KOMENTAR