Perbandingan Jersey Timnas Indonesia vs Singapura, Ramai Dibilang Mirip Banget
Jersey Timnas Indonesian vs Singapura. (TikTok/Zyaantv & FAS)
17:18
19 Maret 2024

Perbandingan Jersey Timnas Indonesia vs Singapura, Ramai Dibilang Mirip Banget

Belakangan ini, jersey terbaru Timnas Indonesia yang didesain dan akhirnya dirilis oleh Erspo menjadi perbincangan publik karena dinilai sangat mirip dengan desain jersey Timnas Singapura.

Selama beberapa hari terakhir, desain jersey Timnas Indonesia yang diproduksi oleh Erspo memang sudah sempat bocor di media sosial. Dari sana, muncul banyak sekali kritik yang dilontarkan oleh publik.

Salah satu kritiknya yakni adanya kesamaan dalam desain jersey Timnas Indonesia yang dirilis oleh Erspo dengan desain jersey yang digunakan oleh Timnas Singapura pada tahun 2022 dengan apparel Nike.

Bahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, juga mengakui adanya kemirian dari sisi desain kedua jersey tersebut. Namun, dia menegaskan tidak ada unsur contek-mencontek dari kemiripan ini.

"Memang ada sedikit kemiripan dari sisi desain, namun setiap jersey memiliki batasan dalam desain dan benchmark yang serupa. Yang terpenting, filosofi kami berbeda dan tidak ada unsur mencontek dari Singapura," Ujar Dito dalam sebuah wawancara di Jakarta Selatan, Senin (18/3/2024).

Dito menjelaskan, M desain jersey anyar Timnas Indonesia ini sebetulnya terinspirasi dari seragam kemenangan Timnas atas Jepang pada tahun 1981. "Desain ini terinspirasi dari tahun 1981, jadi secara desain, kita sebenarnya lebih dahulu," tegasnya.

Sebetulnya, apparel kedua jersey ini, antara Timnas Indonesia dan Singapura, sudah sangat berbeda. Jika Indonesia menggunakan apparel lokal Erspo, Singapura menggunakan jenama yang sudah lebih mapan, Nike.

Namun, desain jerseynya memang cukup menarik untuk disandingkan. Sebab, kedua seragam ini cenderung memiliki kemiripan, terutama karena kerah ‘O Neck’ dan desainnya yang terlihat polos.

Selain itu, kesamaan ini juga terlihat dari lingkar leher serta lingkar lengan jersey yang dihiasi sebuah aksen melingkar berwarna putih. Hal itulah yang membuat kedua jersey ini semakin identik.

Menurut rencana, harga yang bakal dibanderol untuk jersey Timnas Indonesia keluaran Erspo ini akan dibagi menjadi tiga varian yang berbeda-beda, yakni player issue, replika, dan edisi suporter.

Player issue adalah jersey yang sama dengan yang dipakai oleh pemain yang dibandrol Rp1.299.000. Sedangkan untuk jersey replika bakal jual seharga Rp599.000, dan edisi suporter dijual Rp199.000.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #perbandingan #jersey #timnas #indonesia #singapura #ramai #dibilang #mirip #banget

KOMENTAR