Profil Ben White, Bek Termahal Arsenal yang Tolak Panggilan Timnas Inggris
Pemain Timnas Inggris Ben White mengikuti sesi latihan bersama skuad The Three Lions di Al Wakrah, Doha, Qatar, pada 20 November 2022. [AFP]
16:06
16 Maret 2024

Profil Ben White, Bek Termahal Arsenal yang Tolak Panggilan Timnas Inggris

Ben White kembali menjadi sorotan usai menolak memperkuat Timnas Inggris meski namanya dipanggil oleh manajer Gareth Southgate.

Bahkan Southgate sendiri mengaku tidak mengetahui alasan bek Arsenal itu menolak panggilan memperkuat negaranya. Ia diberitahu oleh Direkrut Keolahragaan Arsenal, Edu.

Edu mengabarkan kepada Southgate bahwa White meminta agar dipertimbangkan tidak dimasukkan ke dalam skuad timnas Inggris untuk uji coba melawan Belgia dan Brasil.

Banyak rumor yang menyebut bahwa Southgate punya masalah dengan asisten manajer Inggris, Steve Holland. Tapi, kabar itu ditepis langsung oleh Southgate.

Southgate justru menyayangkan keputusan dari Ben White karena menilai performa bek berusia 26 tahun tersebut sedang impresif.

“Tidak ada masalah antara kami semua dan juga tak ada masalah dengan Steve, yang sempat disebut di artikel-artikel dan saya tak suka itu,” kata Southgate dilansir BBC.

“Dia (Ben White) harusnya masuk skuad ini tapi dia tidak mau dipanggil dan saya harus fokus kepada mereka yang bisa membantu kami. Ia sedang berada di performa bagus, saya tak bisa bisa bilang kalau dia tak berhak masuk tim,” jelas Southgate.

Sebelum menolak panggilan memperkuat Timnas Inggris, Ben White sempat bikin heboh usai meninggalkan skuad The Three Lions menjelang partai 16 besar Piala Dunia 2022.

Pihak Inggris menyatakan White takan kembali sebelum Piala Dunia berakhir pada bulan Desember. Inggris tak bisa memanggil pengganti White karena batas pergantian skuad sudah lewat, sehingga The Three Lions saat itu mengarungi Piala Dunia dengan 25 pemain saja.

Perginya Ben White dari skuad Tiga Singa saat itu memunculkan pertanyaan, terlebih ia sama sekali belum diturunkan di PIala Dunia 2022.

Profil Ben White

Bek Arsenal Ben White (kiri) bersaing dengan gelandang Newcastle United Joe Willock selama pertandingan pekan ke-19 Liga Inggris antara Arsenal vs Newcastle United di Stadion Emirates di London pada 3 Januari 2023.Ben Stansall / AFP.Bek Arsenal Ben White (kiri) bersaing dengan gelandang Newcastle United Joe Willock selama pertandingan pekan ke-19 Liga Inggris antara Arsenal vs Newcastle United di Stadion Emirates di London pada 3 Januari 2023.Ben Stansall / AFP.

Sosok dengan nama lengkap Benjamin William White ini lahir di Kota Poole, Inggris, pada 8 Oktober 1997. Karier sepak bola White sudah dimulai sejak 2006 ketika masuk akademi Southampton.

Total delapan tahun lamanya White berada di akademi Southampton sebelum akhirnya dilepas ke Brighton & Hove Albion di usianya yang ke-16.

Selama dua tahun berada di tim junior, White akhirnya promosi ke tim utama Brighton pada 2016. Namun, ia sempat menjalani masa peminjaman ke beberapa klub setelah itu.

Ben White pernah dipinjamkan ke Newport County dan bermain di League Two, lalu Peterborough United di musim 2018/19, dan Leeds United pada musim 2019/20.

Kesempatan Ben White untuk unjuk gigi datang di musim 2020/21. Kembali bermain untuk Brighton dan mentas di Liga Inggris, Ben White tampil apik dalam 39 laga di semua ajang.

Atas penampilan impresifnya itu, Ben White diboyong oleh Arsenal pada Juli 2021 dengan biaya mencapai 50 juta poundsterling dan menjadikannya sebagai bek termahal The Gunners.

Bersama The Gunners, Ben White jadi pilihan utama di lini belakang, kendati kini dipindahkan sebagai bek kanan oleh Mikel Arteta.

Selama hampir tiga musim bersama Arsenal, White sudah melakoni 122 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 9 assist di semua kompetisi.

Kontributor: Aditya Rijki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #white #termahal #arsenal #yang #tolak #panggilan #timnas #inggris

KOMENTAR