3 Tim Promosi dari Liga 2 Disebut Bikin Liga 1 Makin Ketat
Striker PSBS Biak, Alberto 'Beto' Goncalves (kanan) di Liga 2 2023-2024. [Dok. PSBS Biak]
03:54
15 Maret 2024

3 Tim Promosi dari Liga 2 Disebut Bikin Liga 1 Makin Ketat

Erwan Hendarwanto, seorang pengamat dan pelatih sepak bola nasional, berpendapat bahwa kehadiran tiga tim promosi PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United, akan meningkatkan kompetisi BRI Liga 1 musim depan.

PSBS Biak meraih promosi setelah mengalahkan Semen Padang dalam final Pegadaian Liga 2 2023/2024, sementara Malut United naik kasta setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh dalam perebutan tempat ketiga.

"Saya kira kompetisi Liga 1 musim depan akan lebih kompetitif dengan kehadiran tiga tim yang naik kasta. Tidak hanya persaingan dalam aspek teknis, tetapi juga dari segi non-teknis seperti letak geografis, yang memberikan tantangan tersendiri bagi tim-tim yang harus melakukan perjalanan jauh di setiap pulau," ujar Erwan.

"Tentu saja, ketiga tim tersebut juga harus membuktikan bahwa mereka bisa bersaing dengan tim-tim besar di BRI Liga 1 yang memiliki kualitas tim dan pengalaman yang jauh lebih kuat," tambahnya, mantan pelatih PSIM Yogyakarta.

Kehadiran ketiga tim ini akan membuat Liga 1 musim depan semakin berwarna karena setiap pulau besar di Indonesia akan diwakili.

Semen Padang akan menjadi perwakilan dari Sumatera, sementara PSBS Biak akan menjadi utusan dari Papua.

"Persaingan akan semakin sengit mengingat bahwa musim depan benar-benar menjadi Liga Indonesia dengan hampir semua pulau memiliki wakil di Liga 1," ungkap Erwan Hendarwanto.

"Kehadiran PSBS Biak untuk pertama kalinya di Liga 1 akan memberikan nuansa tersendiri karena selama beberapa musim terakhir, Papua tidak memiliki perwakilan setelah Persipura Jayapura terdegradasi. Semoga kehadiran mereka membawa semangat yang sama seperti saat bermain di Liga 2," tambahnya.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #promosi #dari #liga #disebut #bikin #liga #makin #ketat

KOMENTAR