Profil Do Duy Manh, Bek Timnas Vietnam yang Sindir Indonesia sebagai Timnas Belanda
Bek Timnas Vietnam, Do Duy Manh (Kanan) dan Doan Van Hau (Kiri). (Instagram/duymanh2909)
17:48
12 Maret 2024

Profil Do Duy Manh, Bek Timnas Vietnam yang Sindir Indonesia sebagai Timnas Belanda

Mengenal lebih jauh sosok Do Duy Manh, penggawa Timnas Vietnam yang mengirimkan sindiran menohok ke Timnas Indonesia karena melakukan banyak naturalisasi.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan bertemu rivalnya, Vietnam, pada FIFA Matchday di akhir bulan Maret 2024 ini.

Adapun pertemuan kedua tim terjadi di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar pada tanggal 21 dan 26 Maret 2024.

Jelang duel ini, Psywar diberikan oleh kubu Vietnam lewat beknya, Do Duy Manh. Psywar yang diberikan pemain berusia 27 tahun itu berupa sindiran terhadap naturalisasi Timnas Indonesia.

Dilansir dari media Vietnam, Soha, Do Duy Manh mengaku bahwa ia dan rekan-rekannya terkadang bingung melawan Belanda atau Indonesia karena banyaknya pemain naturalisasi di tim Merah Putih.

“Kadang-kadang kami saling bercanda dengan mengatakan bahwa kami tidak tahu apakah kami melawan Belanda atau tim Indonesia,” kata Do Duy Manh.

Meski Indonesia banyak naturalisasi, Do Duy Manh tetap menegaskan bahwa ia dan rekan-rekannya di Timnas Vietnam tak gentar dengan skuad Garuda.

Pernyataan Do Duy Manh itu membuat namanya pun menjadi sorotan. Berikut profil lengkap dari bek andalan Timnas Vietnam itu.

Bek Andalan Vietnam

Do Duy Manh merupakan salah satu bek andalan Timnas Vietnam yang lahir di Dong Anh, Hanoi, pada 29 September 1996.

Ia memulai karier sepak bolanya sejak usia 8 tahun. Pada usia 10 tahun, bakatnya menarik atensi Hanoi FC yang kemudian merekrutnya dan memasukkannya ke akademi.

Pada usia 17 tahun, ia mendapat kesempatan menjalani trial di klub Jepang, yakni Hokkaido Consadole Sapporo bersama Pham Duc Huy.

Usai menjalani trial bersama Consadole Sapporo, Do Duy Manh kemudian kembali ke Vietnam dan dipromosikan ke tim utama Hanoi FC.

Sejak 2015 hingga tahun 2024 ini, Do Duy Manh masih terus membela Hanoi FC dengan mencatatkan lebih dari 119 pertandingan di segala ajang.

Talenta Do Duy Manh di usia muda hingga trial di klub Jepang juga terlihat saat dirinya dipanggil ke Timnas Vietnam pada 2015 saat usianya baru 18 tahun.

Sejak debutnya bagi Vietnam pada 2015 silam, Do Duy Manh tercatat sudah tampil sebanyak 31 kali dengan mencetak satu gol.

Uniknya, satu gol yang dibuatnya untuk Vietnam itu terjad kala menghadapi Indonesia pada 2019 silam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #manh #timnas #vietnam #yang #sindir #indonesia #sebagai #timnas #belanda

KOMENTAR