Kisah Pemain Timnas Vietnam Main di Klub Thom Haye, Berakhir Miris
Doan van Hau saat berseragam SC Heerenveen. (Dok. Thoi Dai).
17:36
9 Maret 2024

Kisah Pemain Timnas Vietnam Main di Klub Thom Haye, Berakhir Miris

Kisah miris Doan Van Hau, bek Timnas Vietnam saat berkarier di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie dengan klub yang saat ini dibela Thom Haye, Heerenveren.

Doan Van Hau sempat berkarier di Liga Belanda bersama Heerenveren pada September 2019, tepat setelah kariernya menanjak pasca meraih medali emas SEA Games 2019.

Usai mencelakai Evan Dimas Darmono di final SEA Games 2019, Doan Van Hau dengan penuh percaya diri memilih berkarier di luar negeri.

Tak tanggung-tanggung, Belanda dipilih jadi destinasi barunya bergabung dengan klub yang saat ini dibela Thom Haye, Heerenveren.

Sayangnya hasrat Van Hau jadi pemain besar di Eropa terdampak pandemi Covid-19 yang merebak di awal tahun 2020, kompetisi pun resmi dihentikan.

Sial bagi Van Hau, alih-alih mampu mendapat kepercayaan Johnny Jansen yang saat itu menukangi Heerenveren, kariernya malah hancur.

Bukan karena kontraknya memang akan habis pada Juni 2020, tetapi lebih kepada ketidakpuasan Johny Jansen terhadap perfroma Van Hau.

Manajemen dan staf perekrut pun kena semprot olehnya, dianggap terlalu terburu-buru membawa Van Hau ke Belanda dari Vietnam.

"Sejujurnya, kami telah meremehkan kesulitan dalam transisi Van Hau dari Vietnam ke Eropa," ucap Jansen seperti dikutip dari Zing News.

"Kami seharusnya mencoba merekrut Van Hau selama periode persiapan pra-musim. Tetapi Van Hau datang ke Belanda ketika kompetisi sudah berjalan," lanjutnya.

"Itu akan membuatnya sulit, bahkan pemain muda berbakat membutuhkan sekitar setengah tahun untuk beradaptasi," tuturnya menambahkan.

Van Hau pun pulang ke Vietnam, kembali memperkuat Ha Noi FC hingga 2023 sebelum bergabung klub polisi Hanoi, CAHN FC.

Di musim pertamanya bersama CAHN FC, Van Hau berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Vietnam (V-League) 2022-2023 lalu.

Sebelum kini dibekap cedera yang dialami sejak September 2023 lalu, Van Hau sudah absen di Piala Asia 2023 dan terancam absen lagi.

Saat Vietnam dijadwalkan melakoni dua pertandingan penting melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, pada 21 dan 26 Maret 2024.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kisah #pemain #timnas #vietnam #main #klub #thom #haye #berakhir #miris

KOMENTAR