Stadion GBK Diminta Steril Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Kenapa?
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020). SUGBK merupakan salah satu venue yang diajukan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 . ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
16:24
8 Maret 2024

Stadion GBK Diminta Steril Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam, Kenapa?

Kurang dari dua pekan, Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta sebagai venue diharapkan tidak menggelar kegiatan lain untuk sementara waktu.

Adapun pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam berlangsung pada 21 Maret 2024. Nah sampai laga itu selesai, Stadion GBK diharapkan tetap terjaga tanpa menggelar kegiatan lain.

Memang tak dipungkiri penggunaan Stadion GBK bukan hanya sekadar untuk kegiatan sepak bola saja. Aacara lainnya di luar olahraga, mulai musik, keagamaan hingga acara politik bisa berlangsung di sana.

Namun, belakangan ini kondisi rumput Stadion GBK terlihat buruk di mana beberapa titik rumput terlihat kuning dan permukaan rumput tidak rata. Itu kelihatan saat Timnas Indonesia U-20 melakukan uji coba melawan Thailand pada Januari 2024.

Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo mengingatkan pentingnya kualitas rumput lapangan dalam pertandingan sepak bola. Ia mendorong agar tak ada penggunaan GBK sampai laga Timnas Indonesia vs Vietnam nanti.

"Pastinya, kondisi lapangan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah pertandingan. Kita berharap kondisi rumput di GBK sudah sesuai dengan kualitas yang diharapkan sehingga akan membuat pertandingan berjalan baik," ujar Kesit dalam keterangannya.

Skuad timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 (pssi.org)Skuad timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 (pssi.org)

Untuk perawatan rumput Kesit mengatakan, dalam dua pekan rumput sudah bisa kembali baik asalkan tidak digunakan untuk hal-hal yang sifatnya pengumpulan masa di satu titik bagian dalam lapangan.

"Pengelola harus memastikan bahwa sejak hari ini hingga jadwal pertandingan Indonesia vs Vietnam tidak ada kegiatan apapun di SUGBK. Ini penting untuk menjamin perawatan atau penggantian rumput berjalan tanpa hambatan," pungkasnya.

Pertandingan melawan Vietnam sangat penting bagi Timnas Indonesia buat dimenangkan. Lima hari berikutnya kedua tim kembali berhadapan di Stadion My Dinh, Hanoi.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #stadion #diminta #steril #jelang #laga #timnas #indonesia #vietnam #kenapa

KOMENTAR