Terlalu Tangguh, Kiper Barito Putera Bikin Striker Naturalisasi Timnas Indonesia Pegang Kepala
Ilija Spasojevic heran dengan ketangguhan kiper Barito Putera. (Instagram/@sports.indosiar)
11:06
5 Maret 2024

Terlalu Tangguh, Kiper Barito Putera Bikin Striker Naturalisasi Timnas Indonesia Pegang Kepala

Penjaga gawang Barito Putera, Ega Rizky Pramana, menampilkan performa yang istimewa saat timnya menumbangkan Bali United pada laga pekan ke-27 kompetisi BRI Liga 1 2023/2024.

Aksi-aksi ciamik kiper Barito Putera di bawah mistar gawang memang terlalu tangguh sehingga berjasa besar menumbangkan Bali United dalam duel di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Senin (4/3/2024). 

Salah satu momen terbaik yang diukir Ega Rizky Pramana pada pertandingan ini tersaji ketika laga menginjak menit ke-39. Peristiwa ini bermula dari sepakan sudut yang dieksekusi oleh pemain asing lawan, Eber Bessa.

Bola yang dikirimkan oleh gelandang asal Brasil ini memang terhitung matang. Sebab, titik tujuannya berada tepat di depan mistar gawang yang disambut langsung dengan tandukan oleh Privat Mbarga.

Tandukan Privat Mbarga sebetulnya mengarah cukup akurat menuju sudut gawang. Namun, ternyata reflek kiper Barito Putera, Ega Rizky, masih cukup sigap untuk menghalau bola tersebut.

Ega masih bisa menjangkau tandukan Privat sembari menjatuhkan badannya. Bola rebound sempat disambar oleh Mohammad Rashid, tetapi akhirnya bisa diblok oleh dua pemain Barito Putera.

Aksi impresif yang ditampilkan Ega Rizky ini memang membuat terkejut pemain lawan. Salah satunya yakni penyerang naturalisasi milik Bali United, Ilija Spasojevic, yang seolah tak percaya melihat momen itu.

Eks striker Timnas Indonesia yang akrab disapa Spaso ini sampai memegangi kepalanya seolah-olah seperti tak menyangka tandukan seakurat itu masih bisa dijangkau oleh penjaga gawang lawan.

Performa penjaga gawang berusia 31 tahun ini memang cukup impresif sepanjang pertandingan. Sebab, mantan pemain PSS Sleman itu berhasil menciptakan tiga saves di bawah mistar gawang.

Ia ikut berkontribusi membantu Laskar Antasari mengamankan tiga poin setelah mengungguli Serdadu Tridatu dengan skor 4-3. Mereka sebetulnya sempat tertinggal terlebih dahulu, tetapi mampu membalas dan membalikkan keadaan.

Empat gol Barito Putera pada pertandingan ini dicetak oleh Eksel Runtukahu (43’ dan 70’), Gustavo Henrique (45+2’), dan Amiruddin Bagas Kaffa (53’). Sedangkan tiga gol lawan dibukukan Irfan Jaya (27’), Privat Mbarga (60’), dan Ilija Spasojevic (69’).

Ega Rizky memang menjadi kiper utama yang dipilih pelatih Rahmad Darmawan sepanjang musim ini. Pasalnya, pemain asal Banyumas itu sudah mengukir 26 kali pertandingan dan hanya sekali absen.

Dari total semua penampilannya itu, Ega sudah berhasil membukukan tujuh cleansheet untuk Laskar Antasari. Namun, jumlah kebobolannya jug terhitung tinggi karena mencapai 32 gol.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #terlalu #tangguh #kiper #barito #putera #bikin #striker #naturalisasi #timnas #indonesia #pegang #kepala

KOMENTAR