4 Pemain yang Kurang Jam Terbang di Timnas Indonesia Padahal Sering Dipanggil STY
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin timnya berlaga di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
16:18
22 Februari 2024

4 Pemain yang Kurang Jam Terbang di Timnas Indonesia Padahal Sering Dipanggil STY

Shin Tae-yong (STY)  telah melatih Timnas Indonesia selama lebih dari empat tahun, dan dalam periode tersebut, ia telah memberikan kesempatan bermain kepada 71 pemain yang berbeda.

Dari sekian banyak pemain itu, kita akan menyoroti mereka yang sering dipanggil oleh Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia namun memiliki jam terbang yang terbatas.

Syahrul Trisna

Kiper Timnas Indonesia, Syahrul Trisna Saat Melakoni Laga Kontra Burundi di Ajang FIFA Matchday Maret 2023 Lalu. (pssi.org)Kiper Timnas Indonesia, Syahrul Trisna Saat Melakoni Laga Kontra Burundi di Ajang FIFA Matchday Maret 2023 Lalu. (pssi.org)

Penjaga gawang Syahrul Trisna, yang berasal dari Persikabo 1973, tercatat 29 kali dalam susunan pemain Timnas Indonesia. Sayangnya, dari jumlah itu, Shin Tae-yong hanya memasukkannya ke lapangan sebanyak tujuh kali.

Shin Tae-yong juga menjadi pelatih yang memberikan debut kepada Syahrul Trisna di Timnas Indonesia, di mana penampilan perdananya terjadi dalam pertandingan melawan Timnas Kamboja pada tahun 2021.

Muhammad Riyandi

Muhammad Riyandi, kiper berbakat dari Persis Solo, memiliki potensi besar, namun cedera sering menghalangi kemajuannya. Shin Tae-yong sering memasukkannya ke skuad Timnas Indonesia, tetapi jarang memainkannya.

Dari 23 kali masuk skuad, Riyandi hanya bermain empat kali, penampilan terbarunya pada tahun 2021 saat mengalahkan Timnas Myanmar 4-1.

Persaingannya dengan Ernando Ari Sutaryadi dan Nadeo Argawinata membuatnya kesulitan mendapatkan waktu bermain yang cukup di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

Edo Febriansyah

Edo Febriansyah membuat debutnya di Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong, tampil selama 12 menit saat mengalahkan Timnas Myanmar 4-1 pada November 2021.

Meskipun sudah 32 kali masuk skuad Timnas Indonesia, Edo hanya memiliki kesempatan bermain sebanyak 13 kali.

Sebagai fullback kiri, persaingannya dengan Pratama Arhan dan kehadiran Shayne Pattynama membuatnya sulit mendapatkan waktu bermain yang signifikan.

Edo Febriansyah, bek asal Persib Bandung, sejauh ini lebih sering duduk di bangku cadangan daripada beraksi di lapangan.

Wahyu Prasetyo

Shin Tae-yong mempercayakan Wahyu Prasetyo pada pertengahan tahun lalu, saat bek dari PSIS Semarang itu bermain selama 19 menit dalam kemenangan 2-0 melawan Timnas Turkmenistan.

Sayangnya, itu menjadi satu-satunya penampilan Wahyu Prasetyo untuk Timnas Indonesia hingga saat ini. Dalam sembilan pertandingan berikutnya, pemain berusia 25 tahun itu selalu menghabiskan waktu di bangku cadangan.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #pemain #yang #kurang #terbang #timnas #indonesia #padahal #sering #dipanggil

KOMENTAR