Profil Thomas Poll, Bek SC Cambuur Keturunan Bogor yang Bisa Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia
Pemain keturunan, Thomas Poll. (Instagram/@pollthomas)
18:06
20 Februari 2024

Profil Thomas Poll, Bek SC Cambuur Keturunan Bogor yang Bisa Dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia

Munulnya nama-nama pemain keturunan Indonesia yang bisa dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia kembali bertambah. Kini, sosok terbaru yang naik permukaan ialah pemain klub SC Cambuur bernama Thomas Poll.

Kabar ini diedarkan oleh akun Instagram @/footballtalentnesia pada Senin (19/2/2024). Mereka mengulas perihal perjalanan karier Thomas Poll yang kini bermain di Liga Belanda beserta latar belakang keluarganya.

Dari penjelasan akun tersebut, Thomas Poll diketahui mendapatkan garis keturunan Indonesia dari kakeknya yang lahir di Buitenzorg alias Bogor. Dengan fakta ini, dia tentu memenuhi syarat untuk menjalani proses naturalisasi.

"Lahir di Amsterdam dan memiliki keturunan Indonesia-Belanda. Kakek Thomas Poll lahir di Bogor Indonesia," tulis laporan tersebut.

Lalu, bagaimanakah rekam jejak serta latar belakang Thomas Poll? Layakkah pemain kelahiran Belanda ini mendapatkan status WNI agar bisa memperkuat Timnas Indonesia? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Profil Thomas Poll

Thomas Poll merupakan pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, pada 28 Agustus 2001, yang berposisi sebagai bek kiri. Saat ini, pemain yang berkarier bersama SC Cambuur itu beredar di kasta kedua Liga Belanda.

Karier sepak bola Thomas Poll dimulai bersama beberapa klub. Sejak di level usia muda, dia pernah menimba ilmu bersama VV Eenrum (2013-2014), VV Winsum (2014-2016), dan Groningen (2016-2020).

Karier profesionalnya dimulai ketika mendapatkan kesempatan promosi dari FC Groningen. Dia sebelumnya sempat bermain terlebih dahulu di tim junior. Debutnya diukir pada 28 Februari 2020.

Saat itu, dia mendapat kesempatan bermain sebagai starter ketika Groningen berduel melawan Willem II pada pertandingan Eredivisie. Sayangnya, debut itu berakhir kurang mengesankan karena kalah 1-3.

Pada tahun yang sama, dia mendapatkan kontrak baru dari Groningen hingga 2022. Tiga bulan kemudian, dia sempat dipinjamkan ke Dordrecht hingga berakhirnya musim 2020/2021. Selama masa pinjaman ini, dia mengukir 18 laga dengan koleksi dua assist.

Selanjutnya, Thomas Poll memulai perjalanan baru bersama Almere City setelah direkrut pada Agustus 2021. Dia mendapatkan kontrak berdurasi tiga tahun, dan debut pada 10 September 2021 pada laga melawan Telstar.

Adapun gol pertamanya di level senior tercipta ketika duel melawan Jong AZ Alkmaar pada 22 Agustus 2022. Tak lama setelah itu, dia sempat mencetak gol kemenangan pada lag amelawna Roda JC.

Musim ini, Thomas Poll mendapatkan kontrak baru dari klub lamanya, SC Cambuur. Awalnya, musim pertama berstatus pinjaman, lalu diikuti transfer secara permanen hingga musim 2024/2025.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #thomas #poll #cambuur #keturunan #bogor #yang #bisa #dinaturalisasi #untuk #timnas #indonesia

KOMENTAR