Bek RANS Nusantara FC Asal Portugal Ceritakan Adaptasinya Berkarier di Indonesia
Bek RANS Nusantara FC, Kiko. (DOK: RANS NUSANTARA FC OFFICIAL)
21:42
18 Februari 2024

Bek RANS Nusantara FC Asal Portugal Ceritakan Adaptasinya Berkarier di Indonesia

Bek RANS Nusantara FC, Francisco Pereira Carneiro, menceritakan adaptasinya berkarier di Indonesia. Pemain yang akrab disapa Kiko itni mengaku tidak ada hambatan.

Kiko merupakan pemain berkebangsaan Portugal yang baru pertama kali menjajal sensasi berkarier di luar negeri. Yogyakarta menjadi tempat tinggal pemain berusia 23 tahun ini sejauh ini, sesuai dengan kandang RANS FC musim ini.

“Proses adaptasi di Indonesia berlangsung mudah dan cepat, meskipun budaya yang saya rasakan di Indonesia dan khususnya di Yogyakarta, sangat berbeda dari yang biasa saya alami,” kata Kiko.

“Masyarakat di sini sangat sederhana, mereka orang yang humble dan terlihat sangat bahagia menjalani kehidupan sehari-hari. Lalu soal lifestyle tidak jauh berbeda, (saya) jarang mengalami stres, dan cuacanya juga selalu bagus,” ucapnya menjelaskan.

Kiko selama penyesuaian di Yogyakarta mendapatkan bantuan dari para pemain lokal, terutama Dallen Doke yang banyak membantunya. Bahkan, pemain yang menyukai nasi goreng itu merasa Yogyakarta seperti rumah baginya.

“Para pemain lokal membantu saya pada saat awal-awal saya di sini, tapi sekarang saya merasa Yogyakarta sudah menjadi rumah saya. Dallen dan semua pemain lokal membantu saya adaptasi,” tutur Kiko.

Kendati adaptasi berjalan mudah, Kiko merasa ada banyak perbedaan budaya di Yogyakarta dengan kampung halamannya di Porto.

“Perbedaan budaya sangat besar, seperti agama. Di kota saya dan di Portugal, tidak ada budaya jajanan kaki lima seperti di Indonesia dan ini menjadi perbedaan yang besar,” ungkap pemain bernomor punggung 26 itu.

Editor: Arif Budi

Tag:  #rans #nusantara #asal #portugal #ceritakan #adaptasinya #berkarier #indonesia

KOMENTAR