Latihan Pekan Ini, Berikut 3 Dampak Positif Andai Elkan Baggott Kembali ke Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott saat bersama Blackpool FC. [Dok. Instagram/@elkanbaggott]
15:36
10 Oktober 2024

Latihan Pekan Ini, Berikut 3 Dampak Positif Andai Elkan Baggott Kembali ke Timnas Indonesia

Elkan Baggott sudah pulih dari cedera dan peluang untuk kembali ke Timnas Indonesia bisa saja masih terbuka.

Bek yang hampir berusia 22 tahun tersebut menepi selama dua bulan karena cedera. Terakhir kali ia bermain pada 25 Agustus lalu bersama klub Liga 3 Inggris, Blackpool FC.

Menurut pelatih Blackpool, Steve Bruce, Elkan bahkan sudah akan kembali berlatih pekan ini. Ia diharapkan sudah bisa tampil pada lanjutan laga Liga 3 Inggris antara Blackpool FC vs Barsnley.

Cedera yang dialami kemarin juga bisa menjadi alasan kuat Elkan tidak dipanggil Shin Tae-yong, meski dikabarkan ada alasan lain yang bersikap personal dibalik kondisi Elkan yang ditepikan.

Baca Juga: Ekspresi Calvin Verdonk Disorot usai Timnas Indonesia Dianggap Tak Serius Lawan Bahrain

Namun jika alasan cedera yang menyebabkan Elkan tidak dipanggil dalam beberapa laga FIFA Matchday, maka pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November bisa jadi momen Elkan Baggott comeback. Lantas, berikut dampak positifnya.

1. Pilihan Lini Belakang Makin Variatif

Dengan hadirnya Elkan Baggott, maka pilihan pemain di lini belakang bisa bertambah. Shin Tae-yong jadi punya dua bek dengan spesialisasi kaki kiri selain Justin Hubner.

Elkan Baggott bisa menjadi alternatif untuk mengisi pos bek tengah kiri yang kerap jadi masalah ketika Hubner absen membela Timnas Indonesia.

2. Tambah Amunisi Jangkuk untuk Duel Udara

Baca Juga: Akui Timnas Indonesia Lawan Susah, Pelatih Bahrain Sudah Siap-siap Jika Kalah

Saat ini hanya ada Jay Idez sebagai pemain belakang Timnas Indonesia dengan postur mencapai 190 cm, selebihnya berada di bawah angka itu.

Elkan Baggott dengan postur 195 cm, bisa menjadi tambahan amunisi bek jangkung di lini belakang.

3. Kondisi Timnas Makin Kondusif

Dengan dipanggilnya Elkan Baggott kembali ke Timnas Indonesia bisa menjadi tanda bahwa skuad Merah Putih semakin kondusif setelah drama soal retaknya hubungan Elkan dengan Shin Tae-yong.

Tidak kondusifnya kondisi Elkan dengan Shin Tae-yong terjadi usai sang pemain tidak bergabung ke skuad Timnas Indonesia U-23 saat play-off Olimpiade 2024.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #latihan #pekan #berikut #dampak #positif #andai #elkan #baggott #kembali #timnas #indonesia

KOMENTAR