Presiden Turnamen Olimpiade Bakal Resmikan Cabor   Wushu Pada Tahun 2026, Berikut Alasannya
Wushu bakal dijadikan ajang olahraga resmi di Olimpiade./CN News
15:53
30 Januari 2024

Presiden Turnamen Olimpiade Bakal Resmikan Cabor Wushu Pada Tahun 2026, Berikut Alasannya

- Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyatakan bahwa pengakuan dan partisipasi internasional untuk pertandingan Wushu akan berperan penting dalam menentukan masa depan Wushu sebagai cabor resmi di Olimpiade.

Dilansir dari CN News pada Selasa (30/1), Wushu yang juga dikenal sebagai seni bela diri telah disertakan sebagai cabor olahraga medali di Olimpiade Pemuda Dakar pada tahun 2026.

Ajang yang kerap dinilai sebagai indikator utama untuk memperkenalkan olahraga baru ke dalam olimpiade.

Dalam Olimpiade pemuda 2014 di Nanjing, pihak penyelenggara menggelar kompetisi Wushu sebagai bagian dari program budaya dan pendidikan.

Thomas Bach menjelaskan bahwa Wushu seperti halnya cabor panjat tebing dan breaking atau breakdance harus melewati pengujian di lingkungan laboratorium.

Baik panjat tebing maupun breaking ditambahkan ke Olimpiade setelah uji coba yang sukses di Olimpiade Pemuda sebelumnya.

"Kami gembira untuk menyertakan Wushu dalam program resmi Dakar 2026," ujar Bach.

"Wushu sangat dihargai oleh Senegal, negara tuan rumah Olimpiade Pemuda dan terdapat antusiasme besar seputar hal ini. Debut Wushu di Olimpiade telah dinantikan dalam dua tahun ini," kata presiden IOC itu

Thomas Bach mencatat bahwa olahraga tradisional Tiongkok ini akan memiliki dasar yang kuat untuk dievaluasi setelah debut Olimpiadenya di Dakar.

"Setelah analisis ini, kami akan berada dalam posisi untuk membuat keputusan terkait penyertaan Wushu dalam program Olimpiade di masa depan," pungkasnya

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #presiden #turnamen #olimpiade #bakal #resmikan #cabor #wushu #pada #tahun #2026 #berikut #alasannya

KOMENTAR