Seperti Rafael Struick, Inilah Pesepak Bola Top Dunia yang Pernah Salah Nama di Punggung
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick mengenakan jersey dengan penulisan nama yang salah saat menghadapi Australia dalam babak 16 besar Piala Asia 2023, di Jassim Bin Hammad Stadium, Qatar, Minggu (28/1/2024). [Dok. AFP]
13:36
30 Januari 2024

Seperti Rafael Struick, Inilah Pesepak Bola Top Dunia yang Pernah Salah Nama di Punggung

Fenomena kesalahan sablon pada jersey pemain sepak bola dialami oleh penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick, saat bermain melawan Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024), tayangan televisi memperlihatkan kesalahan sablon pada nama di jersey Rafael Struick.

Alih-alih menampilkan ejaan aslinya, “S-T-R-U-I-C-K”, jersey pemain bernomor punggung 11 tersebut justru memperlihatkan kesalahan ejaan, menjadi “S-T-U-I-R-C-K”. Artinya, huruf ‘R’ pada bagian itu meleset ke belakang.

Fenomena semacam ini memang cukup langka di dunia sepak bola. Namun, selama ini sebetulnya ada beberapa kali kejadian serupa yang sudah pernah menimpa para pesepak bola dunia.

Berikut Suara.com menyajikan deretan kesalahan sablon pada jersey pemain sepak bola yang sempat terekam dalam catatan sejarah.

1. David Beckham

Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid, David Beckham, pernah mengalami kesalahan sablon pada jerseynya. Momen itu terjadi ketika dia masih aktif bermain sebagai pesepak bola.

Ejaan yang benar dari pemain Timnas Inggris ini ialah “B-E-C-K-H-A-M”. Namun, nama punggungnya justru mengalami typo dan kehilangan huruf ‘H’, menjadi “B-E-C-K-A-M”.

2. Steven Gerrard

Pemain asal Inggris lainnya, Steven Gerrard, juga tak luput dari fenomena typo pada jerseynya. Momen itu terjadi ketika legenda Liverpool dan Timnas Inggris ini berkarier di Liga Amerika Serikat.

Alih-alih menuliskan ejaan “G-E-R-R-A-R-D” pada punggungnya, si tukang sablon justru menempelkan tiga huruf “R” secara berurutan menjadi “G-E-R-R-R-A-D”.

3. Zlatan Ibrahimovic

Penyerang legendaris asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, juga sempat menjadi korban kesalahan ketik dalam jerseynya ketika berkarier bersama klub Liga Amerika Serikat, LA Galaxy.

Ejaan mantan pemain yang bersinar di Eropa ini ialah, “I-B-R-A-H-I-M-O-V-I-C”, tetapi justru diketik menjadi “I-R-B-A-H-I-M-O-V-I-C”.

4. Roque Santa Cruz

Yang terakhir, penyerang legendaris Timnas Paraguay, Roque Santa Cruz, juga pernah mengalami kesalahan cetak pada bagian nama punggung di jerseynya saat bermain untuk Blackburn Rovers.

Lucunya, alih-alih menuliskan “S-A-N-T-A”, jerseynya justru typo menjadi “S-A-T-N-A”. Momen inilah yang tertangkap kamera ketika wasit memberikan kartu merah kepada pemain lawan.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #seperti #rafael #struick #inilah #pesepak #bola #dunia #yang #pernah #salah #nama #punggung

KOMENTAR