Biodata dan Profil Xavi Hernandez yang Mundur dari Pelatih Barcelona
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez terlihat kesal saat timnya menghadapi Inter Milan di Camp Nou dalam laga keempat Grup C Champions League, Kamis (13/10/2022). [AFP]
12:54
28 Januari 2024

Biodata dan Profil Xavi Hernandez yang Mundur dari Pelatih Barcelona

Xavi Hernandez resmi mundur dari jabatan pelatih klub asal Spanyol, Barcelona. Ini adalah tanggung jawab atas kekalahan Barcelona vs Villarreal dengan skor 3-5 di Stadion Olimpic Lluis Companys, yang digelar Minggu (28/1/2024) dini hari WIB.

"Saya mengumumkan bahwa pada tanggal 30 Juni, tidak akan lagi menjabat sebagai pelatih di Barca. Saya pikir situasinya harus berubah arah, dan sebagai Culer, saya tak bisa membiarkan situasi saat ini," ujar Xavi dalam pernyataan resminya.

Xavi sendiri berada dalam tekanan usai Barca meraih beberapa hasil buruk di musim 2023/2024. Meski begitu ia sempat membawa tim lolos fase gugur Liga Champions. Kemundurannya itu membuat profil dan biodatanya ikut disorot.

Profil Xavi Hernandez

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez hadiri jumpa pers di Joan Gamper, jelang laga El Clasico kontrak Real Madrid, Sabtu (15/10/2022). [AFP]Pelatih Barcelona Xavi Hernandez hadiri jumpa pers di Joan Gamper, jelang laga El Clasico kontrak Real Madrid, Sabtu (15/10/2022). [AFP]

Pemilik nama lengkap Xavier Hernandez Creus itu lahir di Terrassa, Spanyol pada 25 Januari 1980. Saat ini, anak dari pJoaquim Hernandez dan Maria Mercè Creus itu berusia 44 tahun. Adapun ayahnya merupakan mantan pemain klub Sabadell.

Xavi Hernandez sendiri dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik sepanjang masa. Ini dikarenakan visi, retensi bola, operan, serta penentuan posisinya. Ia memulai karier sebagai pesepakbola dengan bergabung ke Barcelona B.

Ia yang masih berusia remaja kala itu, tergabung pada tahun 1997. Selang satu tahun, Xavi mulai masuk ke klub inti Barcelona. Ia pun dikenal sebagai salah satu legenda tim tersebut bersama pemain populer lain, yakni Lionel Messi.

Perjalanannya bersama Barca berakhir pada 2015. Di tahun ini sampai 2019, Xavi bermain untuk Al Sadd. Selain itu, ia juga terpilih menjadi pemain Timnas Spanyol. Selama aktif sebagai atlet, ia pun turut menyumbang kemenangan.

Lalu, pada 28 Mei 2019, Xavi menjadi manajer Al Sadd dengan kontrak dua tahun. Ia membantu klub mencapai semi-final Liga Champions AFC dan memenangkan tiga trofi domestik, termasuk liga serta Piala Qatar. 

Total sebanyak 97 pertandingan yang diikuti Al Sadd, Xavi berhasil membuat klub ini meraih tujuh trofi. Kemudian pada 6 November 2021, ia kembali ke tim lama, Barcelona sebagai manajer baru menggantikan Ronald Koeman.

Xavi dikontrak hingga Juni 2024, namun ia sudah mengakhirinya per Januari 2024 ini. Saat datang, ia dikabarkan menerapkan aturan yang lebih ketat, seperti penerapan kembali denda dan kedatangan lebih awal untuk pemain.

Ia juga melatih dan melacak aktivitas pemain di luar lapangan. Dalam laga pertama di bawah arahannya, Barca berhasil mengalahkan  Espanyol dengan skor 1-0. Ini adalah kemenangan pertama bagi Xavi sebagai manajer. 

Sementara itu, kekalahan pertamanya sebagai manajer Barcelona terjadi kala melawan Real Betis di La Liga. Sejak saat itu, dirinya kerap membuat Barca terpuruk hingga memutuskan untuk berhenti melatih klub tersebut.

Di sisi lain, Xavi Hernandez menikah dengan wanita bernama Nuria Cunillera pada tahun 2013 silam. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak lucu, yakni Asia serta Dan.

Biodata Xavi Hernandez

Xavi Hernandez. [Instagram/xavi]Xavi Hernandez. [Instagram/xavi]

Nama Lengkap: Xavier Hernandez Creus

Nama Panggilan: Xavi

Tempat, Tanggal Lahir: Terrassa, Spanyol, 25 Januari 1980

Usia: 44 Tahun

Pekerjaan: Pelatih dan Manajer Sepak Bola

Pendidikan:-

Tinggi Badan: 170 cm

Orang Tua: Joaquim Hernandez dan Maria Mercè Creus

Pasangan: Nuria Cunillera 

Anak: Asia dan Dan

Instagram: @xavi

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #profil #xavi #hernandez #yang #mundur #dari #pelatih #barcelona

KOMENTAR